Peringatan Lahirnya Pancasila, Ratusan Lintas Agama Gelar Doa Untuk Bangsa

image

Ratusan Forum Lintas Iman Memperingati Hari Lahirnya Pancasila di Halaman Gedung DPRD Gunungkidul. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Ratusan tokoh agama yang tergabung dalam Forum Lintas Iman menggelar acara gelar doa bersama di Komplek Gedung DPRD Gunungkidul, Rabu (31/5/2017) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh jaringan persaudaraan lintas agama kepercayaan di Gunungkidul, GP Anshor NU, Pemuda Kristen, Pemuda Katolik, PWKI, WKRI, Fatayat, Muslimat, Umat NU, Orchid, Umat Warga Hindu, Umat Budha, Hindu, Budha, NU, Penghayat Kepercayaan, Kelompok Pegiat Budaya, serta Persatuan Pelajar dan Mahasiswa.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Aminudin Aziz mengatakan, Ideologi Pancasila 1 Juni sudah final, Pancasila telah terbukti secara nyata melindungi keberagaman dan mempererat berbagai perbedaan yang dimiliki bangsa ini. Pancasila telah terbukti mampu melindungi ribuan perbedaan suku, kepercayaan, adat budaya, golongan dan bahasa.

Pancasila sebagai sumber kekuatan persatuan nasional telah memberi bukti dan jawaban keselamatan Indonesia sampai hari ini dalam menghadapi berbagai gelombang persoalan dan berbagai ancaman perpecahan yang pernah dilalui.

Pancasila 1 juni meyakinkan bahwa Bangsa ini tidak perlu lagi “berjudi,  tidak perlu lagi menjadikan rakyat sebagai bahan percobaan dengan ideologi idologi baru. Bangsa ini tidak perlu ragu dan “Coba-Coba” ideologi baru.

“Bertepatan dengan momentum hari lahirnya Pancasila, kami wadah pemuda lintas agama dan kepercayaan yang tergabung dalam FORUM LINTAS IMAN di Kabupaten Gunungkidul, secara khusus mengajak untuk turut aktif terlibat memperkuat kembali nilai dan makna Pancasila,” katanya saat ditemui Gunungkidulpost.com disela-sela acara.

Menurut dia, dalam peringatan hari lahirnya Pancasila 1 Juni, juga digelar acara tumpengan dan sarasehan kebangsaan. Hal itu atas dasar semangat juang bersama memperkuat Pancasila dari berbagai ancaman dan teror terhadap keberagaman dan persatuan nasional.

“Acara ini kami gagas hanya dengan waktu dua hari dan ternyata sukses untuk bisa bersatu disini. Dari satu semangat kesadaran, dan saling toleransi antar umat beragama inilah yang menjadi harapan kami,” bebernya.

Pihaknya pun berharap, digelarnya peringatan hari lahirnya Pancasila ini akan membawa makna yang besar untuk menciptakan kerukunan umat beragama.

“Semoga mempu menciptakan kerukunan dan keutuhan bagi bangsa Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda Katolik, FX.Endro Tri Guntoro mengapersiasi kegiatan ini. Dia berharap dengan kebersamaan dan kerukunan umat beragama dalam rangka memperingati lahirnya Pancasila akan berimbas pada kerukunan di masyarakat.

“Semoga acara ini dapat berkelanjutan dan saling menjaga keutuhan demi NKRI,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post