Peringati Hari Rimbawan, IKA SKMA DIY Serentak Lakukan Gerakan Tanam Pohon

126 views






Gunungkidulpost.com – Nglipar – Ikatan Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (IKA SKMA) DIY menggelar kegiatan Gerakan Anak Bangsa Menanam Bersama.

Itu dalam rangka peringati Hari Bakti Rimbawan ke-36 pada 16 Maret 2019.

Kegiatan penanaman pohon ini juga bekerjasama dengan KPH Yogyakarta dan HKM Kusuma Tani Di Dusun Prebutan, Desa Katongan, Nglipar, Gunungkidul, Sabtu (16/3/2019).

Ketua Dewan Pembina IKA SKMA DIY Dr.Ir. Bambang Soepijanto.MM mengatakan kegiatan menanam secara serentak ini sekaligus memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-36. Dan di wilayah Gunungkidul yang merupakan kawasan batu tanah sangat cocok untuk dilakukannya penanaman bibit jati dan tanaman lainnya.

“Inilah wujud dari gerakan menanam secara serentak,” kata Bambang saat ditemui wartawan.

Menurut dia, dipilihnya kawasan ini lantaran sangat cocok untuk mengembangkan tanaman sejenis jati. Sehingga kedepan lahan hutan yang kosong, segera terisi oleh tenaman yang baru.

“Pada penanaman ini kita gunakan lahan yang jenis tamananya sama tetapi pengelolaannya yang berbeda. Bagaimana jati ini nantinya tumbuh subur dan tidak bercabang, sehingga nilai jualnya tinggi,” jelasnya.

Pihaknya berharap, kedepan tanaman jati yang ada di wilayah Gunungkidul semakin berkualitas. Sehingga dampak kepada masyarakat akan lebih tau cara menanam jati yang dapat menghasilkan pohon yang baik.

“Harapan kami kedepan supaya kawasan di Gunungkidul memiliki pohon jati yang lebih bagus dan berkualitas,” tutup Bambang. (Bayu)

Related Post