Peringati Ulang Tahun, Puluhan Pekerja Seni Tampil Di Taman Kuliner

31 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun terbentuknya Seniman Seniwati Gunungkidul (SSGK) yang tepat 1 tahun pada 10 Oktober 2017 silam, puluhan seniman tampil di Komplek Taman Kuliner Dusun Jeruk Kepek, Desa Kepek, Wonosari, Rabu (10/10/2018).

Kegiatan bertemakan ‘Ngumpul bareng Konco Seniman Seniwati Gunungkidul’ sekaligus nguri-uri laku seniman campursari legendaris Manthous.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi, Dandim 0730/GK di wakili Danramil 01/Wonosari Kapten Inf Sunardi, Kapolres diwakili Kasat Shabara AKP Sunarto, Muspika Wonosari, OPD terkait, dan para tamu undangan.

Joko Iswanto ketua Seniman Seniwati Gunungkidul menyampaikan terkait terbentuknya SSGK (Seniman Seniwati Gunungkidul) Pada 10 oktober 2017 dan saat ini tepat pada usia 1 tahun.

Berkumpulnya seniman seniwati Gunungkidul ini bertujuan untuk Nguri-uri budaya yang ada di kebupaten Gunungkidul.

“Saat ini banyak sekali seniman yang berkembang dan memiliki potensi untuk terus melestarikan budaya jawa,” katanya.

Menurut dia, selain kegiatan ngumpul bareng juga diadakan pengalangan dana bagi tiap seniman sebesar Rp 10.000 untuk membantu para seniman yang terkena musibah.

“Kami sekaligus melakukan penggalangan dana untuk menunjukkan rasa solidaritas kepada sesama pekerja seni,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul Agus Kamtono melalui Agus Mantara menyampaikan selamat hari ulang tahun yang pertama bagi SSGK. Pihaknya berharap, campursari asli dari Gunungkidul yang diciptakan oleh Mastro campursari Mantous terus dapat dilestarikan.

“Saat ini budaya campursari di Gunungkidul ini sudah mulai berubah dan meniru budaya dari timur (Jawa timuran dan banyuwangi) bukan campursari asli dari Gunungkidul, sehingga kami harap campursari asli Gunungkidul dapat terus lestari,” paparnya.

Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mengatakan, dirinya mengapresiasi kegiatan ini. Pemkab Gunungkidul akan terus mendukung adanya program pentas campursari yang akan digelar secara rutin di Taman Kuliner.

“Kami mendukung adanya program pentas seni campursari yang akan digelar rutin setiap dua minggu sekali. Selain itu kami juga sangat mendukung adanya pengalangan dana setiap usai pentas untuk menyisihkan uang guna membantu pada seniman seniwati yang terkena musibah,” ungkap Immawan.

Disela acara tersebut juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati Immawan Wahyudi yang berikan kepada Ketua SSGK Joko Iswanto sebagai tanda peringatan ulang tahun SSGK yang ke-1. (G1)

Related Post