Periwisata Meningkat, Alat Dan Personil SAR Masih Minim

59 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Meningkatnya kunjungan wisatawan pantai yang tersebar di Gunungkidul belum diimbangi dengan ketersediaan alat, fasilitas serta jumlah personel search and rescue (SAR).

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris SAR wilayah II Pantai Baron, Surisdiyanto. Ia mengatakan pihaknya saat ini memiliki tanggung jawab pengamanan kawasan wisata pantai mulai dari pantai Pok Tunggal hingga pantai Gesing.

“Sementara untuk mengamankan 16 pantai, kami hanya memiliki anggota sebanyak 57 orang, jumlah itu kurang ideal karena saat ini jumlah wisatawan terus mengalami peningkatan,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (20/4/2018).

Akibatnya beberapa pantai terutama pantai-pantai baru yang mulai banyak dikunjungi wisatawan tidak ada personil SAR.

“Idealnya kita membutuhkan tambahan sekitar 28 personel,” ucap Suris.

Suris menambahkan terbatasnya anggota SAR ini, mau tidak mau pihaknya harus menerapkan sistem rotasi. Hal tersebut guna mengamankan sejumlah obyek wisata pantai yang banyak dikunjungi wisatawan.

“Harus rotasi supaya semua obyek bisa ada pengawasan,” bebernya.

Suris berharap kedepan pihaknya bisa mendapatkan fasilitas serta penambahan jumlah personil. Selain itu ia juga berharap peralatan penunjang lainnya bisa terpenuhi.

“Kami juga masih perlu drone untuk memantau jikalau ada korban tenggelam yang belum diketemukan, sedangkan gelombang laut tidak memungkinkan untuk kapal,” ungkapnya.

Sementara itu Kasat Pol PP Gunungkidul, Dwi Warna membenarkan hal itu. Ia mengatakan untuk saat ini belum ada pengadaan alat dan tambahan jumlah personil.

Dwi Warna menambahkan meski Tim Sar SAR wilayah II Pantai Baron mengalami kendala, ia berharap dalam pengamanan wisatawan bisa tetap maksimal.

”Tahun ini memang belum ada, tapi nanti diliat dulu aja, kalau-kalau ada perubahan,” tandasnya. (Heri Prastawa)

Related Post