Pertama Diguyur Hujan, Petani Gunungkidul Sumringah

36 views

Gunungkidulpost.com – Tepus – Hujan pertama turun di Gunungkidul pada November awal ini yang menandakan daerah ini mulai memasuki musim penghujan.

Hujan pertama turun sejak Senin (5/11) tadi malam pukul 21.00 hingga Selasa (6/11) siang tadi dengan intensitas kecil.

Para petani di Desa Giripanggung Kecamatan Tepus terlihat mempersiapkan lahan pertaniannya.

Beberapa petani ada yang mulai mencangkul tanah, ada pula yang sedang menyebar pupuk kandang.

Satu diantara petani, Ramlan menuturkan, saat musim kemarau tahun ini lebih lama dibanding tahun lalu membuatnya harus berpikir dua kali untuk bagaimana cara mencukupi kebutuhan air di sawah miliknya.

“Musim kemarau lebih lama dibanding tahun lalu, tahun lalu pada bulan september sudah hujan tetapi kali ini lebih lama sumur yang ada di dekat sawah tidak mencukupi untuk pengairan sawah,” katanya kepada waratwan.

Untuk mencukupi pengairan sawah miliknya yang sebesar 750 meter persegi dirinya harus membeli air dari tangki pihak swasta seharga Rp 80 ribu pertangkinya.

Ia berharap ke depannya ada aliran irigasi yang melewati sawah miliknya mengingat saat musim kemarau dirinya kesulitan mencukupi kebutuhan air. Sumur yang ada di sawahnya pun tidak mencukupi untuk pengairan.

“Sangat bersyukur hujan akhirnya datang juga dan lahan pertanian bisa kami garap kembali,” ucap Ramlan.

Hal yang sama juga dialami oleh Sumardi dirinya mulai pagi tadi telah berangkat ke ladang untuk mulai menggarap ladangnya. Dia berharap, hujan akan terus membasahi wilayah Gunungkidul sehingga lahan yang ia garap bisa menghasilkan yang terbaik.

Disinggung mengenai ketersediaan bibit dan pupuk ia mengaku saat ini sudah tersedia dan mudah untuk diakses oleh petani.

“Bibit dan pupuk ada yang beli sendiri ada juga yang dari pemerintah. Kalau dari pemerintah harus ikut kelompok tani karena kalau tidak ikit kelompok tidak bisa mengakses bibit dan pupuk,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Raharjo Yuwono mengatakan dari pantauan pihaknya ada 8 kecamatan yang telah diguyur hujan sejak Senin malam.

“Sedikitnya ada 8 kecamatan yang telah diguyur hujan, semoga mendatang akan terus merata,” papar dia. (Heri)

Related Post