Pertaruhkan Nyawa, Saepan Mengais Rejeki Dengan Rumput Laut

126 views

Gunungkidulpost.com – Tepus – Selain dipakai untuk obyek wisata pantai Siung Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus juga digunakan warga sekitar untuk bertani rumput laut (22/03/2019).

Bentang alam pantai landai berpasir putih dipengaruhi oleh jenis batuan dan struktur geologi ini sangat menarik untuk dikunjungi. Di pantai Siung tersusun oleh batu gamping Formasi Wonosari.

Juga terdapat rumput laut di batuan – batuan tersebut, sehingga dimanfaatkan warga sekitar untuk mengais rejeki.

Seperti Saepan salah satu petani rumput laut yang ada lokasi tersebut menuturkan, mencari rumput laut merupakan mata pencaharian mereka guna mengais rejeki.

“Begini saya mencari rumput laut setelah ini dijemur dan saya jual di pengepul rumput laut,” kata Saepan kepada wartawan, Jumat (22/3/2019) kemarin.

Menurut Saepan, saat panen sehari mendapat kurang lebih 3 kg. Hasil pencarian rumput laut tersebut ia jual kepada tengkulak dengan kisaran harga Rp 5.000 hingga Rp 7.000 per kg.

Dari hasil itulah ia gunakan sebagai mata pencaharian utama bagi Saepan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Saya sehari bisa mendapatkan 3 kg rumput laut. Selain saya, di pantai ini yang ikut mencari rumput laut juga banyak,” imbuhnya.

Perlu diketahui bahwa rumput laut hidup sebagai fitobenthos dengan menancapkan atau melekatkan dirinya pada substrat, pasir, karang, fragmen karang mati, batu. (Surya)

Related Post