Perubahan Cuaca Pengaruhi Harga Jual Hewan Ternak

678 views

image

Aktivitas jual beli di pasar hewan. (Foto: Bayu)

Gunungkiudulpost.com – Semanu – Perubahan cuaca ternyata tak membuat para pedagang sapi di Gunungkidul menjadi cerah. Pasalnya akibat musim peralihan ini, berdampak pada aktivitas jual beli hewan ternak yang regolong menyurut.

Hal itu seperti yang terjadi di Pasar Hewan Munggi, Semanu, Rabu (16/11/2016) harga sapi rata-rata turun antara Rp 1 juta – Rp 3 juta. Sedangkan harga kambing turun antara Rp 200 ribu – Rp 300 ribu.

Salah satu pedagang hewan di Pasar Munggi, Budiyono mengatakan, turunya aktivitas jual beli terjadi sejak dua pekan yang lalu. Hal itu terjadi selain sepinya pembeli jua diakibatkan oleh perubahan cuaca.

“Pembeli turun sejak dua pekan lalu. Banyak pedagang yang merugi akibat sepinya pembeli di pasar,” katanya kepada Gunungkidulpost.com.

Dia menjelaskan, sapi yang semula dibandrol dengan harga Rp 14 juta kini turun menjadi Rp 11 jutaan. Aktivitas jual beli selam dua pekan ini, membuat pedagang pun kelimpungan. 

“Kami sudah merugi banyak, ya ini resikonya memang seperti ini,” ujarnya. 

Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu pedagang kambing, Pardi dirinya pun mengaku, harga kambing mengalami penurunan. Yang semula kambing jantan di badrol dengan harga Rp 1,4 juta kini hanya harus dibanting harga Rp 1,1 juta. 

“Jual beli hewan saat ini baru musim paceklik. Sehingga banyak pula pedagang yang harus menanggung kerugiannya,” ungkap Pardi. (Bayu)

hargasapigunungkidul

Related Post