Petani Bawang Mulai Gunakan Pengairan Pompa Bertenaga Surya

image

Petani Bawang Saat Memanen (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Playen – Balai penelitian Agroklimat dan Hidrologi pertanian Bogor bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPPT) Yogyakarta  membangun penguatan teknologi pertanian dan tanaman pangan dengan menanam bawang merah dilahan tandus.

Kepala balai penelitian Agroklimat dan Hidrologi pertanian Bogor  Harmanto mengatakan,  bahwa dalam teknologi yang menggunakan sistem pengairan dan parit yang dipadukan dengan sistem pompa bertenaga surya ini dirasakan sangat cocok diterapkan pada daerah tandus seperti Gunungkidul.

“Langkah ini diharapkan dapat menekan inflasi khusunya pada harga bawang merah dan cabai merah di indonesia,” jelasnya pada acara panen raya bawang merah di Dusun Tanjung, Desa Bleberan, Selasa, (25/7/2017).

Menurut Hermanto, teknologi tersebut secara kajian dinilai lebih ekonomis karena sumber tenaga pengangkat air berasal dari tenaga matahari.

“Meski bertanam di musim kemarau dengan pengairan yang cukup hasil tanaman bawang putih dapat mencapai hasil yang memuaskan,” tambahnya.

Lebih lanjut Harmanto menuturkan, selain dengan sistem dan parit dan pompa tenaga surya, penanaman bawang merah dapat dilakukan melakui sistem mulsa dan non mulsa.

“Sistem mulsa sangat cocok diterpkan pada daerah tandus karena dapat menghemat air, selain itu sistem mulsa menurut kajian juga dapat menekan pertumbugan gulma dan rumput sehingga hasilnya dapat maksimal,” jelas Hermanto.

Pada kesempatan yang sama Supartono, Komunitas Taruna Manunggal Tani Tanjung I menyampaikan bahwa dengan dua sistem tersebut dapat meningkatkan hasil pertanian petani sehingga program pemerintah dalam swasembada pangan dapat tercapai.

“Kita berharap, ledakan organisme tanaman saat musim kemarau dapat teratasi dengan sistem baru ini,” tutur Supartono.

Selain itu, Supartono  berharap pompa tenaga surya dapat di produksi masal sehingga teknologi tersebut dapat di tingkatkan di Kabupaten Gunungkidul. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post