Petani Gunungkidul Mulai Kembangkan Varietas Mekongga

70 views

Gunungkidukpost.com – Paliyan – Setelah uji coba pertama musim pertanian 2018 padi Varietas Mekongga memiliki hasil yang maksimal.

Hasil uji coba pertama padi jenis varietas mekongga tidak kalah dengan padi verietas ciherang yang familiar dikalangan petani.

“Dalam ubinan yang dilakukan satu hektare sawah mampu menghasilkan Sembilan ton gabah, dan padi jenis tersebut saat ini menjadi harapan baru para petani di Gunungkidul,” kata. Ketua Kelompok Tani Sari Kismo, Desa Mulusan, Paliyan, Suyantoro,” Sabtu (31/3/2018).

Uji coba tahun ini pihaknya mendapatkan benih dari Balai Pengkajian Teknologi (BPTP) DIY. Varietas mekongga sendiri, selain produksi gabah yang banyak juga dinilai, hasil nasi baik dan enak.

“Rasa nasi dari varietas mikongga setara dengan nasi yang dihasilkan dari varietas IR 64,” jelasnya.

Ia berharap benih varietas mekongga cepat beredar di pasaran Gunungkidul, Pasalnya, dinilai sangat cocok dengan ladang tadah hujan dengan tanah yang cenderung basah.

Hal senada juga dikatakan oleh salah satu anggota Kelompok tani Sari Kismo, Risdiyanto berharap agar varietas dikenalkan secara meluas, sehingga petani dapat memperoleh hasil yang lebih baik.

Ia juga mengatakan, sudah menyisakan untuk ditanam di musim tanam selanjutnya nanti.

Sementara, Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan, Gunungkidul, Raharjo Yuwono mengatakan, Varietas tersebut sudah coba dikenalkan luas di wilayah Gunungkidul.

“Memang ini termasuk varietas unggulan baru, seangkatan Ciherang juga,” Jelasnya.

Ia mengatakan, hasil panen kemarin dengan varietas tersebut cukup direspon baik oleh para petani, ada beberapa diantaranya di Paliyan, Logandeng, Ngawen, karena hasilnya per hektare bisa Delapan hingga ampai Sembilan ton gabah kering panen.

“Varietas Ciherang masih lebih banyak disukai oleh para petani, karena lebih gampang juga mencari bibitnya di pasaran, selain itu harga juga sama varietas tersebut sekitar Rp10.000 – Rp11.000,” urainya. (Heri)

Related Post