Petani Jambu Nyentrik Gunakan Media Sosial

image

Gunungkidulpost.com – Ponjong – Petani jambu kristal, di Padukuhan Simo Dua, Desa Genjahan Ponjong, Gunungkidul, memanfaatkan jejaring sosial untuk promosi buah jambu kristal. Para petani berharap dukungan pemerintah untuk membuat wisata petik jambu kristal, karena bisa dilakukan sepanjang tahun. 

Salah seorang petani Jambu Kristal Sugiyono mengatakan, ia menanam buah jambu kristal sekitar satu tahun yang lalu. Bersama petani lainnya ia menananm ratusan batang pohon jambu kristal.

“Kami baru menanam sekitar setahun terakhir, dan sudah mulai berbuah,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat (24/2/2017).

Pada awalnya sempat kesulitan memasarkan hasil kebunnya karena untuk wilayah gunungkidul belum begitu disukai masyarakat. Ia pun berinisiatif memasarakan melalui facebook.

“Disini belum banyak yang mengetahui tentang jambu kristal, saya lalu mempromosikan melalui facebook,” bebernya.

Sugiyono mengaku melalui akun facebooknya akhirnya pembeli mulai mendatrangi kebunnya yang memiliki luas hampir 1000 meter persegi ini. Dia menjual jambu kristal per kilonya Rop 25 ribu. Pengunjung diberikan kebebasan untuk memetik sendiri jambu yang ada dikebunnya. “Disini pengunjung bebas untuk memtik buah, atau membeli jambu yang sudah kami petik,”katanya

Ia berharap dukungan dari pemerintah kebun jambu miliknya dapat dikemas menjadi agro wisata petik buah jambu kristal, sehingga turut meramaikan dunia pariwisata di gunungkidul yang saat ini sedang berkembang. “Semoga ada dukungan dari pemerintah untuk mengembangkan kebun menjadi agrowisata,” ucapnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post