Petani Jangan ‘Galau’, Stok Pupuk Masih Aman

48 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, menjamin persediaan pupuk bagi petani.

Diharapkan dengan adanya ketersediaan pupuk tersebut petani tidak perlu khawatir.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Raharja Yuwono mengatakan, pihaknya mengklaim bahwa ketersediaan pupuk bagi para petani di Gunungkidul masih aman.

“Kami menghimbau petani tidak perlu khawatir, sampai saat ini ketersediaan pupuk masih aman,” katanya kepada wartawan, Kamis (17/5/2018) kemarin.

Hingga saat ini, Raharja Yuwono mengatakan kuota pupuk urea di 2018 sekitar 11.930 ton dan baru tertebus sekitar lima persen. Kemudian pupuk jenis NPK kuotanya sebanyak 5.765 ton dan sampai dengan sekarang baru tertebus sebanyak 30 persen.

“Kami melakukan monitoring terhadap peredaran pupuk,” jelasnya.

Raharja menilai kebutuhan terbesar pupuk di musim hujan diperkirakan musim tanam satu, yakni pada Oktober. Karena itu Raharja melakukan sosialisasi kepada petani agar bisa mulai menebus pupuk September sehingga tidak semua bersamaan di Oktober.

“Kalau semua petani serentak menebus atau barengan nanti pelayanan gudang kesulitan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Bleberan, Kecamatan Playen Sumari Citro Wibowo mengatakan selama ini pasokan pupuk bersubsidi tidak mengalami kendala.

Dia mengatakan kebutuhan pupuk, sejumlah kelompok tani sudah jauh-jauh hari mempersiapkan untuk musim tanam kali ini.

“Belum ada laporan kendala, memang untuk jenis NPK sedikit dikurangi. Tetapi secara umum aman,” ungkapnya. (G1)

Related Post