Petani Resah, Ribuan Keong Serbu Lahan Pertanian


Gunungkidulpost.com – Playen – Ribuan hama keong mas (pomacea canaliculata)  menyerang tanaman padi di Kecamatan Playen, Gunungkidul. Akibatnya, petani mulai resah lantaran kewalahan mangatasi hala tersebut.

Salah satu petani di Playen, Tumiran mengatakan, sawah miliknya muncul ribuan keong mas yang datang mengikuti aliran air. Pihaknya mulai resah lantaran kewalahan mengatasi hal tersebut. 
“Jumlahnya mungkin ribuan, bahkan sudah ada yang bertelur disekitar sawah saya,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (13/12/2016).

Dia menuturkan, hampir setiap hari dirinya mendapatkan keong mas sebanyak satu plastik besar. Dia kawatirkan keong itu memakan tanaman padi sehingga rusak dan mengakibatkan padi menguning. 
“Jumlahnya banyak sekali, dan saya kawatir jika dibiarkan akan menyerang tanaman,” ujarnya.
Tumiran mengaku khawatir bila hama keong ini terus menyerang, para petani terancam gagal panen. “Jika dibiarkan, tumbuhan padi bisa mati dan kami gagal panen,”imbuhnya.
Hal serupa juga dialami oleh, patani di Playen lainnya, Harjo mengungkapkan, untuk menanggulangi serangan keong mas tersebut para petani melakukan pengambilan secara manual. Selain itu pihaknya juga melakukan menyemprot pestisida disawah miliknya. 
“Kita berusaha basmi dengan cara menangkap secara manual,” ungkapnya.
Harjo berharap, pemerintah segera membantu petani untuk mencegah serangan hama ini. “Kami berharap ada perhatian dari pemerintah,” tandasnya. (Bayu)

Related Post