Petani Resah Tanaman Jagung Diserang Tikus Liar

211 views
image

Foto: Istimewa

Gunungkidulpost.com – Panggang – Beberapa tanaman pertanian di wilayah Kecamatan Panggang mulai diserang tikus. Hal ini cukup meresahkan para petani, karena tanaman yang sudah mulai berbuah menjadi rusak dimakan tikus hingga mengancam gagal panen. 

Tikus menyerang tanaman palawija milik warga yang ditanam di kebun kayu putih  milik Dinas kehutanan dengan luas kurang lebih 36 Ha. Selain itu tanaman di  tanah pelungguh tanah khas Desa maupun pribadi juga menjadi sasaran hewan pengerat ini.  

Dengan adanya informasi dari para petani, Kapolsek Panggang AKP Tri Wibowo, melakukan pengcekan ke salah satu lahan pertanian yang berada di Alas Mbenggolo, Padukuhan Panggang l, Desa Giriharjo, Kecamatan Panggang.

“Benar bahwa tanaman palawija berupa jagung, ketela,ubi dan lain sebagainya, telah dimakan hama tikus, sehingga sangat merugikan para petani,”ucapnya Selasa, (12/12).

Kapolsek menyampaikan bahwa,selanjutnya pihaknya akan melakukan koordinasi dengan warga, Pemerintah Desa maupun Kecamatan untuk melaporkan kejadian ini ke Kabupaten. Dengan munculnya serangan hama tikus,diperkirakan, hasil pertanian para petani di wilayah tersebut akan mengalami penurunan. 

“Setelah kami amati,tikus memang sudah beberapa bulan memangsa tanaman dan hasil pertanian,sehingga dampaknya telah meluas,”tambahnya.

 

Dengan adanya laporan ke pemerintah, Polsek Panggang berharap akan ada solusi sehingga para petani tidak mengalami kerugian yang cukup besar. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post