Petani Sumringah Rayakan Panen Raya

151 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Pertanian di Gunungkidul dinilai banyak mengalami peningkatan. Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Gunungkidul,Immawan Wahyudi saat menghadiri panen raya padi di Desa Bleberan, Senin, (19/2/2018).

Immawan mengatakan, dari setiap kunjungan panen raya yang dia hadari selama ini, rata-rata semua mengalami peningkatan produksi. Kehadirannya disetiap panen raya merupakan upaya untuk memotivasi petani dalam peningkatan hasil produksi pertanian.

“Setiap tahun produksi padi sekitar 165.000 ton, dan yang dikonsumsi 54.000 ton. Sehingga dapat dikatakan Gunungkidul surplus 111.000 ton,” paparnya.

Menurut Immawan, Sesungguhnya dalam ketahanan pangan, masyarakat Gunungkidul tidak bisa dikatakan sebagai masyarakat miskin. Terkait kendala klasik pertanian di Gunungkidul, yaitu permasalahan sumber air, terutama pada saat musim kemarau. Dia mengatakan akan membantu permasalahan kurangnya air tersebut dengan adanya sumur bor, atau semacamnya untuk membantu pengairan.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Karang Rejo, Sawahan 2, Bleberan, Playen, Reno Yulianto mengatakan, memang yang masih menjadi kendala petani saat ini yaitu ketersediaan air di musim kemarau.

“Dengan adanya bantuan sumur bor, harapannya bisa panen padi dua kali dalam satu tahun,” pungkasnya. (Santi)

Related Post