Petugas Diminta Serius Tangani Pencegahan Bunuh Diri

204 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kasus bunuh diri diwilayah Gunungkidul marak kejadian. Hal itu membuat Bupati Gunungkidul, Badingah prihatin dan berharap tidak terulang lagi.

Tercatat dalam sepekan terjadi empat kali kasus bunuh diri dengan cara gantung diri.

Oleh sebab itu, Ia memerintahkan kepada jajarannya agar langsung beraksi, tidak hanya rapat untuk menanggulangi kasus gantung diri.

“Saya mengajak semua pihak untuk langsung action menanggulangi gantung diri di Gunungkidul,” ucapnya saat ditemui wartawan, Selasa (8/1/2019).

Ia menghimbau kepada semua jajarannya agar tidak hanya rapat saja dalam menanggulangi gantung diri di Gunungkidul sehingga dalam penanggulangan gantung diri tidak hanya berhenti pada ide saja.

Kabupaten Gunungkidulsudah ada Satgas Berani Hidup yang dibentuk pemkab beberapa tahun lalu dinilai belum mampu berbuat banyak dalam menanggulangi gantung diri di Gunungkidul.

“Semua pihak harus mempunyai komitmen dalam menanggulangi bunuh diri, tidak hanya pemkab saja tetapi juga masyarakat,” ucapnya.

Selain itu dirinya menghimbau kepada masyarakat jika menemukan keluarga atau tetangga yang mengalami depresi tidak ditinggal sendirian, tetapi diberikan perawatan di Puskesmas atau RSUD Wonosari.

“Di Puskesmas Gunungkidul sudah ada layanan konsultasi kejiwaan, sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang mengalami depresi atau gangguan jiwa,” ujar Badingah.

Terpisah, Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuadi membenarkan dalam sepekan terjadi empat kasus gantung diri di Kabupaten Gunungkidul.
Pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi gantung diri.

“Berbagai upaya kita lakukan dan harapannya kasus bunuh diri segera usai,” tutupnya. (G1)

Related Post