Petugas Temukan Makanan Berformalin Di Pasar Argosari

50 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) DIY bersama tim dari Tim Pengendali Inflasi Daerah DIY menemukan makanan berformalin saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Argosari, Wonosari, Senin,(15/4/209).

“Kami segera menindak lanjuti temuan makanan berformalin ini,” kata Kepala BPOM DIY, Dra.Rustyawati,Apt,M,Kes,Epid.

Rustyawati menjelaskan, temuan itu berasal dari 17 sampel yang sudah diuji oleh petugas laboratorium BPOM. Makanan yang ditemukan positif mengandung formalin adalah ikan teri nasi. Sedangkan yang mengandung pewarna tekstil adalah kerupuk sermier warna -warni.

“Kami juga temukan bleng yang sudah dikemas dalam kemasan keci-kecil,” terangnya.

Sebelumnya, tim BPOM melakukan sidak di Pasar Argosari dan mengambil beberapa sampel untuk dicek di laboratorium soal kelayakan makanan yang dijual.

Atas temuan tersebut, BPOM akan segera menelusur siapakah distributor maupun produsen makanan yang mengandung formalin tersebut.

“Kami akan berikan sangsi ekonomi dengan cara memusnahkan makanan tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul,Hj. Badingah, S.Sos mengatakan, terkait temuan beberapa makanan yang mengandung formalin, pihaknya meminta BPOM maupun dinas terkait untuk melakukan pemantauan secara berkala, tidak hanya di pedagang, namun juga harus mencari siapakah aktor intelektual dari semua ini.

“Artinya petugas tidak hanya fokus ke pedagang,melainkan para supliyer dan produsen makanan. Semua harus diberi sanksi dengan menarik semua makanan yang positif mengandung zat berbahya,” jelasnya.

Menurut Badingah, pembinaan kepada para pedagang juga harus dilakukan guna mencegah adanya peredaran makanan yang mengandung zat berbahaya. (Santi)

Related Post