Tengahi Perselisihan Intern di Hotel Orchid , Disnakertran Gelar Pertemuan

371 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Perselisihan antara Hotel Orchid di Jalan Baron, Mulo, Wonosari dengan belasan mantan karyawannya memasuki babak baru, setelah beberapa waktu lalu sempat dipertemukan namun belum ditemukan titik terang.

Hari ini, Kamis, (22/2), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gunungkidul kembali menggelar pertemuan dengan kedua belah pihak untuk mengklarifikasi permasalahan yang sebenarnya terjadi.

Sebanyak 7 mantan karyawan Hotel Orchit yang mewakili 18 mantan karyawan yang melakukan aksi pengaduan ke Disnakertrans Kabupaten Gunungkidul pada 16 Desember 2017 lalu terlebih dahulu menggelar sidang klarifikasi dengan pihak Dinas, dilanjutkan dengan dua perwakilan dari pihak Hotel.

“Hari ini adalah tahap mendengarkan dari kedua belah pihak secara bergantian. Kami rasa inilah langkah tepat yang harus kita ambil untuk menyelesaikan permasalahan ini,” jelas Slamet Raharjo, Mediator dari Disnakertrans DIY.

Slamet menyampaikan, sebenarnya ini hanyalah kesalah pahaman antar karyawan sehingga berpengaruh kepihak pengusaha. Dari kesalah pahaman itulah terjadi pergesekan hingga berujung ke pemutusan hubungan kerja.

“Seminggu setelah ini, kita akan pertemukan kedua belah pihak dalam satu meja. Baru kita akan berikan solusi, karena dari yang kita dengar hari ini, apa yang mereka sampaikan itu berbenturan,” ucapnya.

Lebih lanjut Slamet menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mengkaji kronologi permasalahannya. Selain itu, awal perusahaan berdiri, regulasinya, setatus para pekerjanya, hingga soal gaji akan terus dikaji hingga ditemukan solusi terbaik.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Kabupaten Gunungkidul, Tommy Harahab menyampaikan, bahwa sebenarnya para karyawan hanya ingin kejelasan mengapa adanya upaya pemecatan tersebut. Sedangkan pihak hotel telah mengklarifikasi bahwa permasalahan ini berawal dari permasalahan internal sesama karyawan sehingga berpengaruh ke pengusaha.

“Memang apa yang kami dengar antara kedua belah pihak itu berbenturan, untuk itu, kami akan terus mengkaji, dan mengupayakan solusi yang terbaik, kita tunggu minggu depan,” pungkas Tommy. (Santi)

Related Post