Pipa Bocor, Asupan Air Bersih Tersendat

134 views

Gunungkidulpost.com – Saptosari – Pada Saluran Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) di Dusun Legundhi, Desa Planjan, Kecamatan Saptosari mengalami kebocoran.

Oleh warga sekitar, air yang keluar dari pipa itupun secara bergiliran mereka ambil untuk memenuhi kebutuhan air bersih seperti masak, minum dan mandi.

Kepala Dukuh Legundhi Supriyatno mengatakan, pipa terlihat bocor dan mengeluarkan air lewat lubang angin-angin sejak malam.

“Warga sengaja mengambil air dari bocoran pipa PDAM tersebut karena tidak mampu membeli air,” katanya Senin, (20/8).

Selain di Dusun Legundhi ada beberapa titik kebocoran pipa PDAM lain diantaranya pada pipa dekat Dusun Wuluh ada satu titik, kemudian pipa dekat RT 5 ada satu titik.

Di Dusun Legundhi sendiri baru ada 12 kepala keluarga (KK) yang memasang meteran PDAM dari jumlah 145 KK dengan 472 jiwa yang terdampak kekeringan.

Saat sulit air bersih seperti saat ini, masyarakat harus membeli air untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Warga harus merogoh kocek 150 ribu rupiah tiap pembelian air bersih 1 tangki dengan kapasitas 5 ribu liter air,” jelasnya.

Tidak sampai disitu,untuk membeli air bersih warga harus antri selama 3-4 hari baru bisa dikirim.

Supriyatno mengatakan, warga Legundhi mengalami kesulitan air sudah hampir 5 bulan sementara saluran perpipaan dari PDAM yang ada diwilayah tersebut jarang sekali keluar airnya.

Terkait hal ini, warga telah melaporkan ke PDAM tetapi hanya mendapat respon yang mengecewakan karena hingga saat ini tidak kunjung mengalir airnya.

Sementara itu kepala Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirtahandayani Isnawan Febriyanto mengatakan, debit air didaerah Saptosari memang kecil.

“Suplay dari Bribin memang kurang, kami sudah mengusulkan ke satker untuk menambah pompa air, bulan-bulan ini baru dimulai tender di satker,” tuturnya.

Ia mengatakan terkait kebocoran pipa yang terjadi dibeberpa titik, hari ini petugas sudah melakukan perbaikan di daerah Planjan pada siang hari karena jika tidak segera diperbaiki akan mengganggu tekanan air diujung. (Santi)

Related Post