Pipa PDAM Baru Menjangkau 58%

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemenuhan air bersih oleh pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Handayani belum dapat menjangkau semua warga.

Tercatat PDAM baru dapat melayani 58% kebutuhan air bersih untuk warga Gunungkidul.

Direktur Utama PDAM Tirta Handayani, Isnawan Febriyanto mengatakan,  kawasan selatan Gunungkidul seperti Kecamatan Girisubo dan Kecamatan Tepus adalah kawasan yang masih belum dapat semua dijangkau oleh PDAM. Yang menjadi kendala utama
yakni lantaran kondisi geografisnya.

“Yang baru dapat dijangkau oleh PDAM itu sekitar 58%,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin(21/5/2017).

Menurut Isnawan, sebetulnya PDAM dapat menjangkau seluruh kawasan, hanya saja untuk instalasi air yang jaraknya jauh dengan sumber mata air, membutuhkan modal yang cukup besar.

Seperti halnya di Kecamatan Tepus misalnya ada yang sampai membutuhkan dua sampai tiga pompa untuk mengalirkan air ke pemukiman warga.

“Kalau kami memaksakan diri nanti biaya operasionalnya membengkak. Sekarang saja untuk biaya listrik sudah menembus Rp1,7 miliar, padahal ini belum sampai pada puncak kemarau,” ujar Isnawan.

Sementara itu, salah satu warga Tepus, Puja mengatakan, sampai saat ini aliran air sementara masih lancar namun jika memasuki musim kemarau warga sedih lantaran saluran air akan mudah macet. Pihaknya berharap pemkab memberikan solusi yang terbaik supaya volume air saat musim kemarau tetap stabil.

“Mohon ada solusi supaya volume air saat musim kemarau tetap stabil,” ungkapnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post