Pohon Beringin Raksasa Tumbang, Tutup Akses Jalan Utama Playen

226 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Hujan yang disertai angin kencang di Kecamatan Playen, Selasa (9/1/2018) sekitar pukul 14.30 WIB mengakibatkan pohon di Desa Ngawu, tepatnya depan Pasar Playen menutup akses jalan.
Akses jalan tersebut merupakan jalur Kecamatan Playen – Gading.

“Kejadian tadi mengakibatkan pohon beringin di depan Pasar Playen ini tunbang dan menutup akses jalan,” kata salah seorang pedagang di Pasar Playen, Aris Partoyo saat ditemui Gunungkidulpost.com.

Sementara itu, anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Gunungkidul Agus Triyono mengungkapkan, pohon tumbang terjadi di beberapa titik.

Sejauh ini ada empat desa yang terdampak pohon tumbang yakni, Desa Ngawu, Playen, Ngunut, dan Pulutan.

“Kita buka akses terlebih dulu, lalu setelah selesai baru kita lanjutkan ke beberapa titik,” ungkap Agus Triyono.

Agus mengatakan, petugas membutuhkan masing-masing 30 menit untuk mengevakuasi pohon tersebut. Bahkan untuk memotong pohon di Jalan petugas sempat menemui kesulitan karena pohon cukup keras dengan diameter kurang lebih 30 sentimeter dan ketinggian 6 meter.

“Evakuasi dilakukan dibeberapa titik dan sejumlah pohon kami potongi,” imbuhnya.

Budi menghimbau kepada masyarakat untuk waspada dan tidak berada di bawah pohon saat terjadi hujan deras yang disertai angin. Sebab dalam sebulan terakhir banyak kejadian pohon tumbang di Kecamatan Playen. Ia juga berharap agar masyarakat segera melapor jika ada pohon tumbang agar segera dievakuasi.

“Kami terus menghimbau agar warga selalu waspada dan melaporkan jika ada kejadian serupa,” tutupnya. (Bayu)

Related Post