Pohon Ratusan Tahun Tumbang, Tiga Los Pasar Rusak Parah

405 views
image

Foto: istimewa

Gunungkidulpost.com – Panggang –  Pohon bibis berusia ratusan tahun roboh menimpa sejumlah los di Pasar Legi, Dusun Padem, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul.  sedikitnya tiga los rusak berat, dan lima rusak ringan.

Kepala Bagian Pembangunan Desa Girikerto, Aris Sargiono mengatakan sejumlah los pasar yang berukuran berukusan 5×12 meter persegi itu rusak tertimpa pohon pada Selasa (14/2) malam. Kejadian itu sekitar 20.30 WIB saat hujan gerimis disertai angin kencang.

“Pohon itu juga sudah lapuk karena usianya sudah ratusan tahun,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Rabu (15/2/2017).

Dalam kejadian tersebuttidak mengakibatkan korban jiwa. Namun akibat rusaknya bangunan los pasar yang sampai ambruk dan rusak berat, diperkirakan kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

“Ini sebenarnya pasaran legi, tapi karena ada kejadian ini aktifitas pasar jadi terganggung. Para pedagang ada yang berjualan di jalan-jalan,” kata Aris.

Sementara itu, Kapolsek Panggang AKP Tri Wibowo mengatakan, sejak sore di wilayah Kecamatan Panggang diguyur  hujan disertai angin kencang. Salah satu akibatnya adalah menumbangkan sebuah pohon besar di Pasar Legi, Dusun Padem. Menurutnya, sejumlah petugas langsung melakukan evakuasi pohon tersebut sejak Rabu (15/2) pagi. Puluhan petugas  yang berasal dari Polsek Panggang, Koramil Panggang dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul itu juga dibantu warga dalam melakukan evakuasi.

“Saat ini masih dilakukan proses evakuasi oleh petugas gabungan,” bebernya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post