Pohon Tumbang, Jalur Wisata Pantai Baron Terganggu

472 views
image

Evakuasi pohon roboh. (Foto: Maya)

Gunungkidulpost.comTanjungsari – Bencana angin kencang yang disetai hujan deras di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul sejak Kamis (10/11), malam berdampak fatal. Sebuah pohon jenis waru berdiameter 1 meter yang berada di kawasan pintu masuk pantai Baron roboh.Beruntung saat kejadian tidak ada warga maupun wisatawan yang melintas, namun peristiwa tersebut sempat membuat jalur menuju pantai Baron tersendat.

Sekretaris Sarsatlinmas Wilayah II Pantai Baron Surisdiyanto mengatkan, pohon waru berukuran 1 meter yang berada di kawasan pintu masuk pantai  Baron roboh, diduga robohnya pohon besar tersebut dikarenakan tidak kuat menahan kencangnya angin pada Kamis (10/11), malam.”Kejadiannya pukul 20.00 Wib tadi malam, tiba – tiba pohon besar tersebut roboh,” katanya kepada Gunungkidulpost.com.

Surisdiyanto menjelaskan, beruntung saat kejadian, tidak ada masyarakat maupun wisatawan disekitar lokasi yang melintas, sehingga robohnya pohon tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.”Untuk kerugian material tidak ada karena tidak ada bangunan maupun warga yang tertimpa,” jelasnya.

Ia menerangkan, Jumat (11/11) pagi, sejumlah relawan dari Tim Reaksi Cepat, BPBD Gunungkidul yang dibantu oleh warga dan pokdarwis setempat menggelar kerja bhakti bersama.”Kalau total yang membersihkan pohon tadi ada belasan petugas lebih,” terangnya.

Proses evakuasi sendiri, menurut Surisdiyanto dilakukan dengan cara memotong batang pohon menjadi ukuran yang lebih kecil.”Kita tidak begitu mengalami kendala yang berarti, hanya besarnya pohon sehingga prosesnya sedikit lama,” ungkapnya.

Setelah lebih dari 1 jam melakukan pemotongan, barulah pohon besar tersebut dapat dipindahkan.”Sekarang pohon besar tersebut sudah tidak menutupi jalan masuk,” tutupnya.(Maya)

pantaibaron pohonroboh

Related Post