Pokdarwis Wajib Jaga Sapta Pesona

28 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, mengimbau pelaku wisata dan kelompok sadar wisata mengedepankan Sapta Pesona supaya wisatawan nyaman dan puas dengan destinasi wisata yang mereka kunjungi.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan Sapta Pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah atau wilayah.

“Sapta Pesona sendiri terdiri dari tujuh unsur yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan. Jangan sampai itu dilupakan,” katanya kepada wartawan.

Ia mengatakan Dispar mengapresiasi ide-ide kreatif yang muncul dari masyarakat dengan menciptakan wisata buatan, seperti wisata swafoto di kawasan taman bunga.

“Kemunculan wisata swafoto ini juga menambah daya tarik wisatawan untuk masuk ke Gunungkidul. Idenya sangat kreatif menurut saya,” ucapnya.

Ia mengatakan Dispar tidak melarang ide-ide seperti di atas muncul ke permukaan. Namun demikian, ia berharap pengelola dapat menjaga kaidah Sapta Pesona.

“Hal ini mengingat, sebentar lagi Gunungkidul bakal menjadi tujuan para wisatawan,” paparnya.

Harry mengakui wisata swafoto yang saat ini menjadi hits di kalangan masyarakat tak dipungkiri merupakan berkah anyar dari kreativitas warga Gunungkidul dalam merespon perkembangan wisata.

Hal itu juga berdampak pada semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan lantaran saat ini, tak hanya obyek wisata alam saja yang menjadi andalan.

Meski demikian, Dispar berharap nantinya bermunculannya obyek wisata swafoto tersebut, tetap tertata dengan baik dan tidak mengindahkan kebijakan sapta pesona yang digagas oleh pemerintah dalam pengembangan pariwisata.

Saat ini, lanjut Harry, wisata swafoto banyak dikembangkan di jalur-jalur menuju obyek wisata. Seperti di jalan menuju pantai selatan. Sedikitnya ada tiga spot foto deretan bunga celosia yang siap menjadi tujuan para wisatawan.

“Dengan tiket yang cukup terjangkau, spot-spot tersebut dirasa pantas untuk dikunjungi dan menjanjikan sensasi swafoto yang berbeda bagi para pengunjungnya,” pungkasnya. (G1)

Related Post