Polisi Berkostum Unik Gelar Aksi Dititik 0 km

638 views
image

Polisi Berdandan Ala Punokawan Saat Menggelar Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas di Alun-alun Wonosari. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Tingginya angka kecelakaan lalu-lintas di wilayah Gunungkidul menjadi perhatian khusus bagi jajaran Kepolisian Resor (Polres) Gunungkidul.
Untuk menguranginya, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Gunungkidul menggelar sosialisasi keselamatan berlalu – lintas dengan cara unik.

Petugas yang biasanya mengenakan seragam polisi lengkap dengan peluit didandani ala punokawan.
Polisi memilih cara ini karena dianggap lebih menarik dan mudah diterima oleh masyarakat.

Tepat titi 0 kilometer depan Alun-Alun Wonosari, Kamis (2/3/2017) pagi, belasan anggota Satlantas yang mengenakan kostum punokawan  langsung memberikan sosialisasi tertib berlalu-lintas kepada pengendara kendaraan yang berhenti di lampu merah.

Sebagian petugas membawa poster yang berisikan ajakan untuk tertib berlalu lintas. Sebagian lainnya membagikan brosur, pamflet dan mengajak pengendara untuk tertib berlalu-lintas.

Kasat lantas Polres Gunungkidul, AKP Samiyono mengatakan, pihaknya sengaja memilih menggunakan kostum wayang orang dalam mensosialisasikan budaya tertib lalu-lintas ini karena dianggap lebih mengena. Menurutnya, dengan menggunakan pakaian yang lain dari biasanya, para pengendara akan lebih tertarik sehingga apa yang disosialisasikan akan dilaksanakan.

“Himbauan ini kita berikan kepada seluruh masyarakat Gunungkidul untuk selalu mematuhi peraturan berlalu – lintas demi keselamatan bersama,”
katanya kepada Gunungkidulpost.com.

Pihaknya berharap, dengan adanya momentum ini dapat menciptakan keselamatan berlalu lintas. Sehingga tidak hanya melakukan teguran saja, namun pendekatan kepada masyarakat untuk lebih sadar tertib berlalu lintas.

“Harapan kami supaya petugas tidak hanya menegur saja, namun lebih banyak melakukan pendekatan dengan masyarakat untuk lebih tertib,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post