Polisi Lakukan Rekayasa Jalur Menuju Kawasan Pantai

image

Kondisi Arus Lalu-Lintas Menuju Pantai Selatan. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Memasuki hari ke-4 libur lebaran Kepolisian Resor Gunungkidul menetapkan satu jalur menuju kawasan pantai selatan.

Pantauan Gunungkidulpost.com, Rabu (28/6/2017) kawasan pantai selatan Gunungkidul, dipadati oleh wisatawan dengan mengendarai mobil pribadi.

Hal itu seperti yang terjadi di pertigaan Mulo, Wonosari, petugas mengarahkan langsung ke selatan. Sebab, biasanya banyak wisatawan yang langsung ke kiri atau melalui Kecamatan Tepus menuju pantai Pulangsawal yang lebih dikenal pantai Indrayanti.

Kendaraan tersendat di pertigaan mulo, karena dari arah timur menuju ke wonosari harus bergantian dengan kendaraan dari wonosari ke Pantai.

“Sudah kita antisipasi, karena dari arah Yogyakarta dan dari Solo (arah Semin) padat merayap, daripada nanti macet parah kita terapkan sistem satu arah,”kata Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP Samiyono.

Dia mengatakan, sejumlah simpul kemacetan pantai jika tidak diantisipasi sejak awal akan terjadi kemacetan parah seperti pertigaan lantai Baron, Pulegundes dan sekitar pantai Pulangsawal.

Adapun jalur menuju pantai yakni :

1. Patuk – Gading – Wonosari – Mulo – Tanjungsari – Kemadang – TPR – Wilayah Pantai

2. Patuk – Gading – Playen – Paliyan – Trowono – Planjan – TPR JJLS – Wilayah Pantai

Jalur Keluar Wisata Pantai

1. Wilayah Pantai ke Timur – Tepus – Mulo – Wonosari – Gading – Patuk

2. Wilayah Pantai ke Barat – JJLS – Planjan – Trowono – Saptosari – Panggang

Samiyono mengatakan nantinya penerapan satu jalur akan terus diberlakuakan sampai kondisi mencair.

“Memang ada peningkatan volume kendaraan, tetapi Situasi saat ini tak ada kemacetan. Kepadatan paling parah hanya di Baron,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Gunungkidul AKBP Muhammad Arif Sugiyarto menyampaikan, penerapan satu arah ini diharapkan mengantisipasi kemacetan karena jalur menuju pantai jalannya sempit.

“Kalau dibuat dua jalur bisa macet parah, untuk itu diberlakukan dua jalur. Jika dilihat waktunya sama kok,” katanya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post