Polisi Persempit Peredaran Narkoba Dan Miras

15 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Polres Gunungkidul mengantisipasi masuknya peredaran minuman keras. Petugas mulai saat ini akan perketat pengamanan jalur utama mudik lebaran.

Kasat Narkoba Polres Gunungkidul, AKP Tri Wibowo mengatakan pihaknya mulai melakukan pengawasan untuk memotong jalur suplai miras ke Gunungkidul. Sejumlah jalan, terutama jalan yang digunakan sebagai akses masuk ke Kabupaten Gunungkidul mendapatkan pantauan khusus.

“Kita lakukan deteksi dini untuk mengantisipasi suplai miras ke Gunungkidul. Sehingga, ruang gerak peredaran miras ini bisa dipersempit,” kata Tri kepada wartawan, Sabtu (1/6/2018).

Tri menjelaskan momen perayaan hari raya biasa digunakan oleh para pengedar miras untuk mengeruk keuntungan. Tak hanya permintaan yang naik, akan tetapi juga menaikkan harga.

Tri menjelaskan momen perayaan hari raya biasa digunakan oleh para pengedar miras untuk mengeruk keuntungan. Tak hanya permintaan yang naik, akan tetapi juga menaikkan harga.

“Tak hanya hari raya lebaran saja akan tetapi juga momen tahun baru yang lainnya, biasanya permintaan miras memang meningkat pesat,” imbuhnya.

Para bandar miras lanjut Tri mulai menimbun berbagai jenis minuman keras. Hal ini untuk antisipsi jumlah stok untuk memenuhi besarnya permintaan.

Sejumlah cara dilakukan para bandar miras untuk menyembunyikan barang haram itu. Sebagai lokasi penimbunan miras, mereka mulai mencari tempat-tempat anyar dan tidak menempatkan barang bukti di kios atau rumah tempat berjualan.

“Biasanya mereka menyimpan di rumah orang lain, di kebun dan bahkan dipendam di dalam tanah merupakan berbagai upaya yang dilakukan untuk menghindari razia petugas,” paparnya.

Selain miras, salah satu yang juga diwaspadai oleh polisi adalah peredaran pil sapi. Jenis obat keras ini saat ini cukup menjadi pilihan masyarakat lantaran harganya yang cukup terjangkau, jauh lebih murah daripada minuman keras. (R1)

Related Post