Polisi Terus Menggelar Operasi Cipkon

image

(Foto: Dok Gunungkidulpost.com)

Gunungkidulpost.com – Patuk – Hari Raya Idul Fitri 1438 H semakin dekat, kebutuhan pokok mulai merangkak naik.  Moment lebaran akan banyak menghamburkan uang bagi sebagian orang, namun tidak sedikit diantara mereka yang masih merasa kesulitan uang menjelang lebaran.

Ada dua kemungkinan karena terdesaknya kebutuhan, yang pertama orang akan semakin giat bekerja untuk mendapatkan penghasilan, yang kedua orang akan gelap mata hingga ingin mendapatkan uang dalam waktu sekejab bahkan dengan cara-cara yang tidak halal.

Untuk itu, pencegahan perlu dilakukan agar tindakan semacam itu tidak terjadi pada diri kita. Aparat kepolisian mulai gencar melakukan oprasi Penyakit Masyarakat (Pekat) demi terciptanya kondisi yang aman dan kondusif di bulan ramadan.  Demikian juga pada hari menjelang hari lebaran dan sesudah lebaran. Polisi terus menghimbau dan memberikan pengamanan kepada masyarakat. Tak terkecuali yang dilakukan oleh jajaran kepolisian Polsek Patuk.

Setelah kemarin membuka penitipan secara gratis untuk barang elektronik seperti komputer dan laptop bagi sekolah dan kantor selama liburan Lebaran nanti, Polsek Patuk juga terus menghimbau khususnya masyarakat di Kecamatan Patuk, agar lebih berhati- hati menjaga barang berharga miliknya.
Kapolsek Patuk, Kompol Mugiman menyampaikan, bahwa kejahatan bisa terjadi dimana-mana.

“Tidak hanya karena adanya kemauan, tapi adanya kesempatan yang memicu orang untuk melakukan kejahatan,” tuturnya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (15/6/2017).

Lebih lanjut Kompol Mugiman menjelaskan, pihaknya akan berupaya memberikan rasa aman kepada mayarakat. 

“Kita terus berikan himbauan baik langsung kepada masyarakat maupun dengan pemasangan sepanduk bertuliskan himbauan kepada masyarakat agar lebih waspada,” ucapnya.

Mengamankan barang berharga masing-masing, dengan mengunci rumah sebelum bepergian, mematikan lisrik apabila meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, jangan ada titik api yang menyala di dalam rumah, pastikan kompor mati dan lepas tabung dari regulatornya, parkirkan kendaraan di tempat yang aman dan beri kunci pengaman, demikian beberapa himbauan yang di berikan oleh Polsek Patuk.

“Harapan kita, agar tidak terjadi tindakakan pidana pencurian ataupun kejahatan dan kejadian lainnya yang nantinya akan merugikan diri kita sendiri,” jelasnya.

Menurut Kompol Mugiman,yang tidak kalah penting yang perlu diperhatikan saat bepergian yaitu jangan menggunakan perhiasan yang berlebihan.

“Memakai perhiasan yang berlebihan, justru akan memancing orang jahat untuk melakukan tindakan kejahatan seperti penjambretan dan perampokan,” pungkas. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post