Polres Ungkap Puluhan Kasus Narkoba

66 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Berdasarkan data dari Polres Gunungkidul, ditahun 2017 sebanyak 38 kasus narkoba menjerat masyarakat Gunungkidul. Jumlah ini mengalami peningkatan dibanding 2015 sebanyak 15 kasus dan 2016 sebanyak 14 kasus. Sementara ditahun 2018 hingga bulan Juli jumlah yang ditangani sebanyak 23 kasus.

Kepala Satuan Resor Narkoba Polres Gunungkidul, AKP Tri Wibowo mengaku prihatin dengan maraknya peredaran narkoba di Gunungkidul ini.

“Meski belum setinggi tahun lalu, namun jika dilihat jumlahnya di pertengahan tahun ini sudah mencapai lebih dari setengahnya di 2017,” kata AKP Tri Wibowo.

Tri Wibowo mengatakan, kerjasama semua pihak baik pemerintah dan masyarakat sangat diperlukan. Kebanyakan pelaku penyalahgunaan narkoba di wilayahnya dilakukan oleh generasi muda kisarannya usia 18-25 tahun.

“Ini sangat memprihatinkan, karena mereka adalah generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Menurut Tri Wibowo, lingkungan dan masyarakat yang kurang peka terhadap dinamika generasi muda saat ini menjadi salah satu faktornya.

Adapun berbagai upaya telah dilakukan pihaknya. Patroli rutin serta menyisir sejumlah tempat yang menjadi wilayah rawan peredaran barang haram itu terus dilakukan.

“Biasanya kami lakukan pemantauan di permukiman padat penduduk serta tempat hiburan malam,” terangnya.

Upaya preventif dengan memberi penyuluhan mengenai bahaya narkoba juga terus dilakukan. Terutama dikalangan generasi muda. (Santi)

Related Post