Polsek Paliyan Gelar Sosialisasi Narkoba Dan HIV, Ini Sasarannya

204 views
image

(Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Paliyan – Untuk mencegah penyebaran dan penyalahgunaan narkoba pada generasi muda jajaran Polsek Paliyan mengadakan penyuluhan tentang bahaya Narkoba dan HIV Aids dengan cara menyasar ke sekolah-sekolah. Seperti yang dilakukan pada Selasa, (03/10) di Mts Muhamadiyah Sodo, Kecamatan Paliyan. Penyuluhan dipimpin langsung oleh Kanit Binmas Polsek Paliyan, Ipda Suranto berserta dua Polwan cantik,Bripda Nur Aini dan Bripda Erna Sanjaya.

Dihadapan para siswa dan guru di Mts Muhamadiyah Sodo,  Ipda Suranto menjelaskan, narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat atau bahan berbahaya.

” Semua istilah ini, baik “narkoba” ataupun “napza”, mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya,” terangnya.

Menurut pakar kesehatan,lanjut Ipda Suranto,  narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu.

Sedangkan HIV adalah Virus yang menyerang sistem kekebalan (imunitas) tubuh manusia, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi. Tanpa pengobatan, seorang dengan HIV bisa bertahan hidup selama 9 sampai 11 tahun setelah terinfeksi, tergantung tipenya dan mengakibatkan kematian.

“Dengan kata lain, kehadiran virus ini dalam tubuh akan menyebabkan kekurangan sistem imun. Penyaluran virus HIV bisa melalui penyaluran darah, cairan vagina, ASI,melalui hubungan seks yang tidak aman dan sering bergonta ganti pasangan, “papar Suranto.

Pada kenyataannya hingga saat ini penyebaran penyalahgunaan narkoba hampir tidak bisa dicegah. Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Begitu juga dengan virus HIV, banyak yang telah menjadi korban penyakit yang satu ini.

“Hal ini tentu akan membuat orang tua, organisasi masyarakat, dan pemerintah khawatir,”tambahnya.

Menurut Ipda Suranto, upaya pemberantas narkoba pun sudah sering dilakukan, upaya untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun juga telah dilakukan, karena diketahui saat ini banyak anak-anak bahkan remaja seusia SD,  SMP sudah banyak yang terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba.

” Saya kira, hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba pada anak-anak adalah pendidikan keluarga itu sendiri, ” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan penyuluhan semacam ini, diharapkan para generasi muda dapat mengerti dan memahami apa itu narkoba,  apa itu HIV, bahaya apa yang berdampak dari narkoba maupun HIV, dan bagaimana kita mencegahnya.

“Semoga ini bermanfaat dan dapat menyelamatkan para generasi muda dari bahaya narkoba dan HIV, “pungkasnya. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post