Porak Poranda, Kawasan Pantai Segera Ditata

66 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan melakukan penataan dikawasan Pantai Selatan.

Seluruh lapak yang selama ini menutupi pantai tidak boleh lagi dibangun, dan akan dipindah ke tanah Sultan Ground.

Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan, pasca gelombang tinggi dirinya sudah melakukan pemantauan sendiri terkait kerusakan yang ditimbulkan. Diketahui hampir seluruh wilayah pantai yang selama ini menjadi andalan tujuan wisatawan rusak.

Sehingga Pemkab berkomitmen untuk mempertahankan menjadi tujuan wisata dengan penataan yang baru.

“Akan segera kami tata, dan saat ini kondisi pantai sudah aman,” katanya Senin (30/7/2018).

Untuk itu, pihaknya berkomunikasi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X terkait relokasi para pedagang yang selama ini menempati sepadan pantai.

Badingah mengatakan, pihaknya memperbolehkan masyarakat untuk mendirikan gazebo atau rumah makan, tetapi harus mundur ke belakang.

“Bisa didirkan tetapi harus bergeser ke belakang dan sewaktu-waktu pemerintah kabupaten Gunungkidul bisa menyiapkan lahan masyarakat harus pindah tidak boleh menuntut ganti rugi,” tandas Badingah.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan, penataan lapak milik warga ini akan dilakukan secara bertahap. Terutama yang selama ini menempati wilayah pasiran pantai.

“Momentum ini akan kita manfaatkan untuk penataan kawasan pantai, karena hampir setiap tahun gelombang tinggi menerjang kawasan selatan Gunungkidul,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post