Potensi Bencana Longsor Di Gunungkidul Tertinggi Se DIY

680 views

​​

Ilustrasi.net


Gunungkidulpost.com – Wonosari –  Sebagai daerah perbukitan, potensi tanah longsor di Gunungkidul sangat tinggi, dari 144 Desa yang ada sebanyak 133 Desa dinyatakan sebagai Desa rawan longsor.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD DIY, Heri Siswanto mengatakan, Gunungkidul merupakan daerah paling rawan terjadi bencana tanah longsor jika dibandingkan dengan kabupaten lainnya di DIY.”Kabupaten Gunungkidul paling banyak desa rawan bencana tanah longsor. Karena untuk Kulonprogo hanya tercatat 41 desa yang rawan longsor, Bantul 32 desa dan Kabupaten Sleman hanya 7 desa,” katanya.

Heri Siswanto menjelaskan, potensi bencana tanah longsor bisa semakin meningkat jika hujan lebat datang, dengan begitu peranan desa tangguh bencana sangat diperlukan.“Sebagaimana sekarang ini, meski prakiraan awal sudah memasuki musim kemarau, nyatanya hujan masih turun di mana-mana. Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan,” pintanya.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Gunungkdiul, Budhi Harjo pembentukan desa tangguh bencana terus dilakukan di setiap Desa di Gunungkidul seperti yang dilakukan di Kecamatan Ponjong pada Senin (29/8), pagi.”“Sepintas seperti kejadian yang sebenarnya. Saya lihat warga sudah cekatan dan tahu apa yang harus diperbuat, jika terjadi bencana. Ini yang patut kita apresiasi,” katanya.

 Meski bencana alam tidak pernah diharapkan, namun karena bencana ini sulit diprediksi, maka jika sewaktu-waktu terjadi, masyarakat sudah siap. “Latihan seperti ini perlu dilakukan, sehingga masyarakat tahu apa yang harus dilakukan jika ada bencana. Ini penting agar bencana tidak menimbulkan korban,” katanya.(Maya)

Related Post