Potensi Hujan dan Angin Masih Tinggi Hingga Akhir Maret

340 views

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memperkirakan anomali cuaca akan terjadi hingga April mendatang. Masyarakat Gunungkidul  diimbau meningkatkan kewaspadaan sampai selesai masa pancaroba.

“Hal ini karena anomali cuaca yang terjadi potensial menimbulkan angin kencang dan hujan lebat yang disebabkan gangguan tekanan udara,” kata Staf Seksi Data dan Informasi BMKG DIY Indah Retno Wulan, Selasa (14/2/2017).

Ia mengatakan masa pancaroba ini diprediksi akan berakhir hingga awal April. Indah menghimbau khususnya di wilayah Gunungkidul bagian selatan dan utara untuk terus meningkatkan kewaspadaan.

“Potensi tingginya gelombang tinggi masih terus terjadi. Selain itu juga diwilayah utara Gunungkidul yang merupakan kawasan rawan bencana untuk selalu waspada lantaran hujan lebat masih mengancam hingga akhir Maret,” bebernya.

Indah menambahkan, tinggi gelombang laut sampai tanggal 15 (besok)masih sekitar 2,5 meter. Namun setelah tanggal15 diprakirakan turun menjadi 1,5 meter.

“Kami menghimbau kepada semua nelayan di Gunungkidul maupun pengunjung pantai selatan untuk terus wasapada terhadap tinggi gelombang laut yang mengalami peningkatan hingga Rabu (15/2) besok,” ungkap Indah.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Budi Harjo  mengatakan, berdasar hasil koordinasi dengan BMKG, pihaknya telah menyampaikan imbauan dan peningkatan kewaspadaan. Ia mengatakan, imbauan tersebut terkait dengan adanya fenomena alam yang sudah memasuki musim pancaroba.

“Kami simpulkan untuk meningkatkan kewaspadaan terutama pada akhir Februari hingga Maret,” ucapnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post