PPDB Dimulai Awal Juli Resmi DiGelar

image

Sekertaris Disdikpora Gunungkidul, Bahron Rasyid. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Penerimaan Perserta Didik Baru (PPDB)  tahun 2017/2018 akan dimulai pada Juli 2017 mendatang.

Namun proses PPDB saat ini akan  berbeda dengan pelaksanaan di tahun lalu. Sesuai dengan aturan akan diberlakukan zonansi hingga pelakasaan PPDB untuk tingkat SMP menggunakan sistem online.

Sekretaris Disdikpora Gunungkidul Bahron Rasyid mengatakan, proses PPDB di tahun ini berbeda dengan pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya.

“Mulai tahun ini, kami juga tidak lagi menangani pendaftaran untuk tingkat SMA karena adanya proses perpindahan kewenangan ke provinsi,” kata Sekertaris Disdikpora Gunungkidul,  Bahron Rasyid kepada Gunungkidulpost.com, Senin (26/6/2017).

Menurut Bahron, untuk pendaftaran tingkat Sekolah Dasar dan TK rencananya dilaksanakan pada 3-5 Juli. Sedang untuk tingkat SMP dilakukan mulai 10-13 Juli mendatang.

“Saat ini kami sudah mulai melakukan berbagai persiapan diantaranya simulasi pendaftaran online untuk tingkat SMP,” tuturnya.

Disinggung mengenai masalah zonansi, Bahron mengakui adanya perbedaan cakupan antara tingkat SD dengan SMP. Untuk tingkat SD batasan zonansi dilakukan per desa, sedang tingkat SMP dilaksanakan per kecamatan.

Menurut dia, para siswa yang mendaftarkan sekolah asal akan mendapatkan poin tambahan sehingga memperbesar peluang untuk diterima di sekolah tersebut. Namun demikian, lanjut Bahron, tambahan nilai tersebut juga belum memberikan jaminan karena penetuan mengacu pada hasil komulasi nilai yang diperoleh.

“Jadi untuk penerimaan semua tergantung dengan nilai masih-masing pedaftar. Sedang nilai dari zonansi hanya sebagai tambahan,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post