PPDB Online Kacau, Begini Harapan Dewan

53 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem zonasi dan online dinilai anggota Dewan harus dikaji ulang lantaran masih banyaknya kendala yang muncul.

Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul Heri Nugroho mengatakan adanya sistem penerimaan dengan zonasi dan PPDB online dinilai masih ada kekurangan dan perlu dievaluasi.

“Sebenarnya ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya mungkin di setiap sekolah ada yang pintar jadi merata, namun ada kekurangannya menurut saya anak bisa saja jadi malas belajar, karena mengandalkan tambahan nilai dari jarak,” ujar dia, Kamis (5/7/2018).

Selain itu dia mengatakan tujuan dari zonasi salah satunya diharapkan siswa yang pandai dapat mengajari yang kurang pandai, dinilai kurang tepat, karena pada dasarnya tugas siswa sama-sama belajar. Selain masalah zonasi, Heri juga menyoroti sistem PPDB secara online yang masih banyak gangguan terutama masalah jaringan Internet. Dia mengatakan jika memang sistem belum siap sebaiknya ada alternative lain, yaitu secara manual yang sudah terancang dengan baik.

“Jika tidak jalan, sistem offline harus siap. Saya lihat juga masih banyak orangtua yang kebingungan dengan sistem ini. Jika tidak dapat dipakai sistem baru ini ya dihentikan, pakai sistem lama,” paparnya.

Sebelumnya Kepala Disdikpora Gunungkidul Bahron Rasyid mengatakan sitem zonasi tidak perlu dikhawatirkan. Selain itu sistem zonasi tersebut dalam rangka memeratakan mutu dan layanan pendidikan, termasuk di Gunungkidul.

“Sistem ini [zonasi] diharapkan mampu mengurangi tingkat mobilitas peserta didik, kalau dekat kenapa harus mencari yang jauh. Kedua mengurangi bahkan menghilangkan kasta atau strata di dunia pendidikan,” ucap Bahron.

Sementara itu terkait dengan PPDB onlinepihak Disdikpora Gunungkidul terus berupaya agar bisa berjalan lancar dengan sistem daring.

Pihaknya juga berkordinasi dengan Telkom dan Kemendikbud untuk masalah jaringan ini. (G1)

Related Post