Program Bantuan Pangan Non Tunai Segera Diluncurkan

302 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Mulai bulan April mendatang, Pemerintah kabupaten Gunungkidul akan meluncurkan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Diharapkan masyarakat dapat memilih kebutuhan yang diperlukan di e- warong.

“Sebenarnya program ini dilaksanakan pada awal bulan Februari, namun karena ada kendala baru akan dilaksanakan april mendatang,” kata Kepala Sub Bagian Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Bagian Kesejahteraan Rakyat, Setda Gunungkidul Suyono kepada wartawan, Minggu (18/2/2018).

Dia menjelaskan, untuk program BNPT di Gunungkidul diberikan kepada 88.262 kepala keluarga. Dengan jumlah keluarga yang mencapai 80 ribu lebih memerlukan 360 E-warong yang bisa digunakan untuk mencairkan bantuan.

“Saat ini sedang dilakukan validasi penerima manfaat,” jelasnya.

Pihaknya menambahkan, E-warong ada tiga jenis diantaranya yaitu program dari bank Mandiri, rumah pangan kita dari bulog, dan Kelompok usaha bersama (Kube) dari kementrian sosial.

“Kebutuhan dapat dibeli oleh masyarakat dengan memanfaatkan E-warong,” tuturnya.

Suyono menambahkan, program BPNT merupakan perubahan dari rastra atau beras sejahtera yang diberikan secara tunai. Masyarakat akan menerima atm dan no rekening yang bisa dicairkan.

“Bantuan ini nantinya sebesar Rp 110 ribu per orang,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post