Program Dinas Kebudayaan Dinilai Masih ‘Loyo’

219 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul dinilai masih berpaku pada unsur budaya.

Hal itu seperti yang dilontarkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul.

“Seharusnya secara universal ada tujuh unsur budaya ditubuh Dinas Kebudayaan. Tetapi saat ini masih berkutat pada satu unsur kesenian saja,” kata juru bicara DPRD Gunungkidul, Maryanta, Minggu (29/4/2018).

Dia mengatakan agar semua unsur budaya tersebut dapat terpenuhi mesti ada terobosan baru. Selain itu, juga harus berani memiliki inovasi program kegiatan yang menarik dan bermanfaat.

“Perlu inovasi program kegiatan yang mencakup semua unsur budaya,” ungkap Maryanta.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Agus Kamtono mengakui memang unsur budaya lain masih kurang terlihat. Akan tetapi semua sudah diprogramkan.

“Sebenarnya sudah ada beberapa program kegiatan yang kita laksanakan, namun memang belum maksimal,” jelas Agus.

Dia mengatakan beberapa unsur lain itu seperti arsitek, kuliner, permainan anak tradisional, juga terus diupayakan semakin terlihat geliatnya. Berbagai upaya akan dilakukan untuk penggarapan berbagai unsur budaya.

Agus mencontohkan unsur budaya lain selain kesenian yang juga berjalan terkait arsitek atau potensi rumah Joglo yang ada di Gunungkidul.

“Harapannya nanti menyesuaikan kompetesi teknis, upamanya kuliner kami gandeng Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), atau hal lainnya menggandeng Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), dengan harapan kedepan dapat mengakses Dana Keistimewaan,” jelasnya. (Heri Prastawa)

Related Post