Program Jaksa Masuk Desa Akan Segera Dimulai

336 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Guna meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hukum, Kejaksaan Negeri Gunungkidul berkomitmen menjalankan program Jaksa Masuk Desa dan Sekolah.

Kepala Kejari Gunungkidul Asnawi Mukti mengatakan, sosialisasi hukum sangat penting untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat. Selama ini, pemahaman masyarakat tentang hukum masih sangat minim.

“Pemahaman tentang hukum masih minim,” katanya kepada wartawan,” katanya kepada wartawan, Minggu (9/12/2018) kemarin.

Menurut dia, untuk program literasi hukum ini, kejari menggerakan program Jaksa Masuk Desa dan Jaksa Masuk Sekolah. Sosialisasi yang diberikan tidak hanya berfokus pada masalah hukum perdata maupun pidana. Namun demikian, sambung Asnawi, sosialisasi juga menyasar ke perlindungan hewan langka di masyarakat.

“Untuk tahun depan kami fokus ke masalah perlindungan hewan langka,” ungkapnya.

Asnawi menuturkan, sosilisasi terhadap hewan langka yang dilindungi sangat penting. Pasalnya, hingga sekarang masyarakat masih banyak yang belum paham terkait dengan aturan yang tertuang dalam Undang-Undang No.5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

“Aturan ini harus disosialisasikan karena masih banyak warga yang memperjualbelikan hewan-hewan langka yang dilindungi. Sebagai contoh di tahun ini ada penyitaan terhadap lima ekor trenggiling yang akan dijual oleh warga,” ujarnya.

Guna mengefektifkan sosialisasi, kejari akan bekerjasama dengan Pemkab Gunungkidul untuk bersama-sama melakukan penyuluhan tentang hukum. (Bayu)

Related Post