Program TMMD Jadi Andalan TNI Untuk Membangun Desa

134 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Jajaran anggota TNI telah menyelesaikan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Ke-103 Tahap III tahun 2018 di Lapangan Dusun Prengguk RT08 / RW04 Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Selasa (13/11/2018).

Selama kegiatan TMMD berlangsung program yang tersasar ke masyarakat diantaranya pembangunan fisik dan non fisik.

Hal itu seperti pembuatan jembatan satu unit dengan panjang 8 meter dan lebar 4 meter di Dusun Prengguk Desa Tegalrejo. Selain itu, pembukaan jalan baru sepanjang 500 meter dengan lebar 4 meter terlaksana sesuai program. Serta program pembuatan pos pantau bencana 2 unit dan pembuatan talud sepanjang 30 meter.

“Pelaksanaan TMMD Ke-103 Sengkuyung Tahap III tahun 2018 yang dimulai 15 Oktober hingga 13 November 2018 atau selama 30 hari telah usai,” kata Dandim 0730/GK Letkol Inf Muh. Taufik Hanif Y. S.Sos.

Menurut dia, selama pelaksanaan TMMD ini kegiatan berjalan lancar dan baik. Sasaran Kegiatan TMMD Ke 103 Sengkuyung Tahap III TA 2018 menyasar fisik dan non fisik.

“Selain membangun fisik kami juga menyasar kegiatan non fisik yang langsung terjun ke masyarakat seperti menggelar penyuluhan dan pelatihan di tengah warga,” ucapnya.

Sumber Dana pelaksanaan TMMD Sengkuyung Ke 103 di Desa Tegalrejo, Gedangsari ini menelan dana dari APBD DIY sebesar Rp 75 juta, APBD Gunungkidul Rp 225 juta, dan Swadaya masyarakat berujud barang material (Kayu, batu, tenaga dll sekitar Rp 50 juta).

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah mengapresiasi kegiatan TMMD yang telah banyak membantu masyarakat.

“Disetiap kegiatan TMMD ini, kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong royong yang terpancar di setiap wajah sekaligus cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama-sama bekerja di lapangan. Hal ini menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen Bangsa, yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Bandingah berharap, kegiatan TMMD tersebut terus menjadi program unggulan bagi TNI untuk membantu pembangunan masyarakat.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk itu Kami harap terus ditingkatkan. Sehingga wilayah dipinggiran kedepan mampu merata merasakan perkembangan pembangunan fisik maupun non fisik,” pungkas Badingah. (Bayu)

Related Post