Program TMMD Sasar Warga Pesisi Entaskan Kekeringan

142 views

Gunungkidulpost.com – Girisubo – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) salah satu wujud Operasi Bhakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral yang diharapkan dapat mendorong akselerasi pembangunan daerah tertinggal dan yang terkena bencana.

Melalui karya bakti ini, TNI telah menunjukan hakekat kemanunggalan, keseriusan dan kinerja optimalnya untuk terlibat langsung dalam berbagai upaya mensukseskan program percepatan pembangunan di daerah.

Salah satunya yakni pengangkatan sumber mata air bawah tanah yang ada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Minggu (14/7/2019).

Komandan Kodim 0730 Letkol Noppy Laksana Armiyanto mengatakan, pelaksanaan TMMD dilaksanakan selama 30 hari mulai 10 Juli hingga 8 Agustus 2019 mendatang. Dengan tema “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Guna Mewujutkan Ketahanan Nasional”.

“Sasaran kegiatan TMMD meliputi sasaran fisik terdiri dari dan non fisik,” ungkapnya.

Letkol Noppy menuturkan, salah satu rangkaian kegiatan TMMD yakni mengangkat sumber mata air yang ada disungai bawah tanah sejauh 1,2 km.

Pihaknya dibantu petugas gabungan telah memasukkan pipa sedalam 1,2 km yang bertujuan untuk mengangkat air untuk bisa dimanfaatkan warga khususnya di Kecamatan Girisubo.

“Kami berupaya membantu memecahkan masalah kekeringan yeng selalu melanda kawasan pesisir Gunungkidul. Dengan cara inilah kami harap bisa mengentaskan dari permasalahan kekeringan,” ucapnya.

Sementara itu, Rubiyanto salah satu anggota Komunitas Merangkul Bumi mengatakan, pihaknya bersama dengan anggota Kodim 0730 Gunungkidul telah berhasil memasukkan pipa kedalam goa. Hal itu dilakukan untuk menyedot air naik keatas sehingga mampu dimanfaatkan warga untuk mengentaskan permasalahan kekeringan.

“Dengan memasukkan pipa kedalam goa ini air akan terangkat naik dan nantinya bisa dimanfaatkan warga,” jelasnya.

Menurut Rubiyanto, aliran dari sumber mata air tersebut mampu mencukupi untuk warga Desa Jepitu. Sehingga usaha tersebut diyakini mampu memngentaskan permasalahan kekeringan yang melanda diwilayah Girisubo.

“Air dari dalam goa akan ditampung keatas dan saya yakin akan berhasil untuk membantu permasalahan air di wilayah Girisubo,” tutupnya. (Bayu)

Related Post