Proses Pembuatan e-KTP Disinyalir Ada Praktik Pungli

638 views



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul mewaspadai adanya Praktik pungutan liar (Pungli) proses pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di wilayahnya. Modus pembuatan e-KTP kilat tanpa proses lama, seringkali digunakan oknum tersebut untuk mencari keuntungan pribadi.




Kepala Disdukcapil, Eko Subiantoro mengatakan, jika pihaknya tidak menampik pembuatan e-KTP menggunakan pungutan bisa saja terjadi. Namun, pungli tersebut bukan dilakukan oleh pegawai di Kantor Disdukcapil. Akan tetapi, oknum yang memanfaatkan pembuatan E-KTP yang cepat tanpa harus datang ke Kantor Disdukcapil. Hal ini masyarakat patut dicurigai, sebab dengan cara seperti ini oknum tersebut untuk menciptakan e-KTP palsu.

“Kalaupun menggunakan E-KTP palsu tidak bisa digunakan, karena harus melalui perekaman langsung,” ujarnya

Eko Subiantoro menjelaskan, pembuatan e-KTP di Kantor Disdukcapil tidak sulit asalkan persyaratan lengkap. Setelah syarat lengkap, kemudian para pemohon melakukan perekaman. 

“Kalau jaringan bagus maka akan langsung di cetak, lalu pemohon mengaktifkan e-KTP secara cepat dan gratis,” jelasnya.

Menurut Eko, sampai saat ini tidak ditemukan adanya pungli yang terjadi di lingkungan dinas. Namun, jika ada oknum-oknum tersebut mengatasnamakan pegawai Dinas, maka akan ditindak tehas.

“Kalaupun ada pungli tangkap tangan yang dilakukan oleh pegawai kami, maka akan kita serahkan kepada pihak yang berwajib untuk diberi sanksi,” pungkasnya. (Nena)

Related Post