Proyek Pabrik Es Batu Masih Ngambang

315 views

Gunungkidulpost.com – Girisubo – Proyek pembangunan pabrik es yang bertujuan untuk menunjang potensi perikanan di Pantai Sadeng, Girisubo hingga saat ini belum ada kejelasan.

Bahkan tersirat kabar bahwa pihak investor mengajukan lokasi baru untuk pendirian pabrik.

Berbagai sumber informasi pabrik es yang akan didirikan merupakan investasi dari pengusaha asal Rusia. Pada perencaan awal, pabrik ini akan dibangun di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo.

Namun, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Gunungkidul menolak mengeluarkan rekomendasi tata ruang karena lokasi yang digunakan berada di zona merah.

Prkatis dengan ditolaknya izin tersebut maka pabrik es tidak bisa didirikan.

Adanya penolakan itu, investor pun berinisiatif memindah lokasi pabrik ke Desa Songbanyu, Girisubo. Namun jika dilihat dari lokasi yang tidak jauh dari lokasi pertama pendirian, usaha tersebut juga akan bermasalah dengan izin tata ruang.

“Kami tidak lagi menangani, setelah izin pertama gagal akhirnya proyek ini dibahas di dinas propinsi,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelauatan Gunungkidul Khairudin, Selasa (27/3/2018).

Menurut dia, kabar terakhir terkait dengan pembangunan pabrik es akan dipindah ke Desa Songbanyu, atau lokasinya lebih mendekat ke Pelabuhan Sadeng. Namun untuk permasalahan ini, Khairudin mengaku tidak bisa berbuat banyak karena permasalahan izin ada Organisasi Perangkat Daerah yang lebih berwenang.

“Mudah-mudahan ada solusi yang baik sehingga pabrik dapat didirikan,” ujarnya. (Heri)

Related Post