Proyek Sumber Air Jambe Diharapkan Entaskan Kekeringan

95 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X meninjau proyek pembangunan Desa Percontohan Saemaul Sumber Air Jambe di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul,Rabu,(8/5/2019).

Sumber Air Jambe merupakan proyek Alih Fungsi Teknologi Pengelolaan Sumber Air Bersih (PAB) dari semula menggunakan tenaga diesel menjadi tenaga listrik yang mampu menyuplai air sebanyak 16 liter per detiknya.

Saemaul Globalization Foundation (SGF) memberikan bantuan yang digunakan untuk pemasangan tiang listrik dari sumber mata air dan menyambungkan listrik.

“Potensi air bersih di Gunungkidul sangat besar. Sumber mata air Jambe ini mampu memenuhi kebutuhan air bersih untuk 10 ribu Kepala Keluarga (KK) dari potensi untuk 16 ribu KK yang ada di Bleberan,” katanya.

Sultan berharap, proyek ini mampu memenuhi kebutuhan air bersih keluarga termasuk kebutuhan MCK. Kalau kebutuhan air di Desa Bleberan sudah tercukupi, air bisa dialirkan ke wilayah lain.

Selain sumber air Jambe, Desa Bleberan juga memiliki sumber air dari Air Terjun Sri Gethuk. Dengan kondisi masyarakat yang kini mudah mengakses air, maka warga akan memiliki toilet sendiri-sendiri dan tidak lagi melakukan Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

“Kampanye stop buang air sembarangan sudah berlangsung selama 12 tahun, namun hingga saat ini belum selesai. Pemerintah Daerah harus terus berupaya agar tidak ada lagi warga yang buang air sembarangan,” tuturnya.

Sementara itu,Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah,S.Sos mengatakan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus komitmen untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengentaskan kemiskinan dan mengurangi penggangguran dengan pengembangan potensi desa secara kreatif dan inovatif.

“Mudah-mudahan Gunungkidul semakin maju dan mandiri berdaya saing dan masyarakat semakin sejahtera, ” ucap Badingah. (Santi)

Related Post