PT Widodo Makmur Unggas Akan Dihentikan Sementara

1369 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemkab Gunungkidul minta pembangunan peternakan ayam PT Widodo Makmur Unggas di kawasan Geopark Gunung Sewu dihentikan sementara. Hal itu dikarenakan izinnya belum lengkap.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengatakan, pihaknya meminta pengelola untuk mengentikan sementara aktivitas dikawasan peternakan unggas.

“Itu kemarin kan sudah ada peringatan, untuk selama pembahasan Amdal ini sebaiknya operasi dihentikan dulu. Seandainya ada operasi dihentikan dulu,” kata Irawan Jatmiko kepada wartawan, Selasa (11/9/2018) siang.

Irawan menuturkan, peternakan ayam yang dibangun PT Widodo Makmur Unggas sebenarnya tidak menyalahi aturan tata ruang di Gunungkidul. Karena Desa Pacarejo, Semanu, sejak awal ditetapkan sebagai kawasan pengembangan ternak unggas.

Namun, lanjut Irawan, pihak pengelola peternakan ayam tetap diharuskan melengkapi dokumen Amdal, dan dokumen lain seperti IMB. Sembari menunggu Amdal keluar, pihaknya meminta semua aktivitas pembangunan dihentikan.

“Kemarin sebelum penetapan OSS (online single submission) akhir Juli ini mereka sudah diberikan peringatan tidak boleh beroperasi. Oleh komisi penilaian Amdal, itu (penghentian pembangunan) sebagai salah satu syarat untuk pembahasan Amdalnya,” ucapnya.

Irawan mengatakan, dokumen Amdal peternakan ayam yang digarap PT Widodo Makmur Unggas sedang dibahas di Dinas PUP-ESDM DIY. Pihaknya tidak mengetahui kapan dokumen tersebut keluar.

“Kalau kemarin dari Dinas Lingkungan Hidup (Gunungkidul) sudah memberikan peringatan. Sudah seperti itu (meminta pembangunan dihentikan sementara),” tandasnya.

Terpisah, GM Geopark Gunung Sewu Budi Martono mengatakan, bukan tidak mungkin status geopark dunia di Geopark Gunung Sewu dicabut UNESCO. Hal itu mungkin terjadi apabila pemerintah tidak serius menjaga konservasi alam di geopark tersebut.

Komentar tersebut merujuk adanya peternakan ayam di kawasan Geopark Gunung Sewu, di Desa Pacarejo, Semanu, Gunungkidul. Peternakan ayam yang digarap PT Widodo Makmur Unggas tersebut dinilai mengancam kelestarian geopark.

“Saya kira kriteria-kriteria UNESCO, geosite-geosite sebagai tempat pendidikan, sebagai tempat pariwisata, sebagai pengembangan ekonomi masyarakat itu selama dipertahankan tidak masalah,” pungkas Budi. (Bayu)

Related Post