Puluhan Anak Ikuti Festival Dolanan Tradisional

213 views

Gunungkidulpost.com – Gedangsari – Pemerintah Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari bekerjasama dengan mahasiswa Sanata Dharma Yogyakarta menggelar festival dolanan anak, Minggu (28/1/2018).
Kegiatan dengan tema ‘Ngalang Eling Dolanan’ ini bertujuan untuk mempertahankan permainan tradisional di era globalisasi ini.

Ketua pelaksana kegiatan tersebut, Guruh Nugroho Aji mengatakan kegiatan tersebut upaya mempertahankan permainan tradisional.

“Saat ini anak-anak lebih banyak bermain gadget daripada mainan tradisional. Sehingga kami ingin mengajak anak-anak untuk terus melestarikan permainan tradisional ini,” katanya kepada wartawan disela acara.

Menurut dia, kegiatan ini diikuti puluhan anak-anak dari sembilan dusun yang ada di Desa Ngalang. Lomba yang ada dalam kegiatan ini mulai dari lompat tali, bakiak, dan juga egrang.

Sementara itu, Kepala desa Ngalang, Kaderi sangat mendukung kegiatan ini.
Menurutnya event ini diharapkan menjadi ikon menarik wisata dalam rangka memajukan Gunungkidul.

“Kegiatan yang bagus, kegiatan ini untuk melestarikan potensi budaya dan permainan tradisional,” paparnya.

Kegiatan permainan tradisional di Ngalang masih coba dilestarikan. Biasanya juga dibarengkan dengan kegiatan bersih desa seiring dengan dinobatkannya Desa Ngalang menjadi Desa Ramah Anak.

“Desa Ngalang merupakan Desa Ramah Anak sehingga kami terus mendukung kegiatan yang berkaitan dengan anak,” tutup Kaderi. (Bayu)

Related Post