Puluhan Atlet Meriahkan Kompetisi Surfing Wediombo

26 views

Gunungkidulpost.com – Girisubo –
Puluhan atlet surfing dari berbagai daerah unjuk gigi dalam kompetisi surfing di Pantai Wediombo, Girisubo, Gunungkidul, Minggu (28/10/2018) pagi.

Pada perhelatan kompetisi ini mengambil tajuk ‘Wediombo it’s good to sea you’ acara ini diinisiasi oleh Wediombo Surf Society, dan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Gunungkidul serta Dinas Pariwisata DIY.

Ketua Panitia kompetisi surfing, Tugiyanto mengungkapkan turnamen Surfing ini merupakan yang ketiga kalinya. Dibanding dengan tahun lalu Ia menilai kompetisi surfing tahun ini terasa berbeda, terlebih pada jumlah pesertanya yang lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun ini sangat sukses karena tahun lalu pesertanya ada 20 dan tahun ini ada 34 peserta dari berbagai daerah,” katanya kepada wartawan, Minggu (28/10/2018).

Lanjut Tugiyanto, meski para peserta berasal dari berbagai daerah, ia menyebut bahwa untuk skala kompetisi surfing yang digelar bertaraf semi nasional.

Kendati demikian, ada beberapa peserta yang sudah sering berlomba ditingkat nasional.

“Ada tiga kategori yang diperlombakan yaitu, open division, under 16 dan women division. Kompetisi ini juga dalam rangka silaturahim antar komunitas surfing dan memperkenalkan olahraga surfing di Gunungkidul,” paparnya.

Disinggung mengenai kendala dalam menggelar kompetisi surfing tersebut, menurut dia menyebut bahwa lebih kepada hari yang dipilih. Mengingat tidak setiap hari di Pantai Wediombo ombaknya bagus.

“Tidak masalah, karena alam kan tidak bisa diprediksi, saya harap hari ini (Minggu) ombak dapat bagus seperti awal minggu ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Asti Wijayanti mengatakan, Wediombo dipilih karena ombaknya dinilai paling baik untuk olahraga surfing daripada pantai-pantai lain di Gunungkidul.

Ia berharap kompetisi surfing bisa jadi event tahunan di Pantai Wediombo dan bisa menarik lebih banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Wediombo dipilih karena masuk tempat terpopuler untuk surfing di Indonesia versi API (Anugerah Pesona Indonesia). Dan kami harap ini kesempatan untuk menggaet banyak wisatawan,” imbuh Asti. (Maya)

Related Post