Puluhan Bakal Caleg Tak Memenuhi Syarat

56 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Komisi Pemilihan Umum (KPU), Gunungkidul, memastikan puluhan nama Bakal Calon legislatif (Bacaleg) yang mendaftar Pemilu 2019 di Gunungkidul dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Hal itu dapat diungkap setelah melakukan hasil dari verifikasi syarat calon DPRD.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Gunungkidul, Moh.Zaenuri Ikhsan, mengatakan dari 492 bakal caleg yang ada terungkap ada 33 yang dinyatakan gugur.

“Total dari 15 partai yang mengikuti Pemilu ada 492 Bacaleg, dan setelah kami lakukan verifikasi data kami bongkar lihat betul-betul ada 33 Bacaleg yang TMS atau gugur,” kata Moh.Zaenuri Ikhsan, Selasa (7/8/2018).

Ia mengatakan faktor TMS Bacaleg tersebut sehingga harus dicoret bermacam-macam. Mulai dari yang kurang Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), kurang ijazah, KTP belum elektronik, ada partai yang tidak memperbaiki dan berbagai kekurangan lainnya.

Menurut dia, jika nantinya ada partai yang belum menerima hasil verifikasi tersebut, masih diberikan ruang untuk memprotes lewat Panitia pengawas pemilu (Panwaslu).

“Kami akan sampaikan ke Parpol hasil ini jika partai tidak menerima ada ruang memprotes lewat Panwaslu,” ungka Zaenuri.

Pada tahapan setelah ini Zaenuri mengatakan pada Rabu (8/8)-Jumat (10/8) akan menyiapkan atau proses validasi draft Daftar Calon Sementara (DCS) agar dicermati oleh partai apa ada nama atau foto keliru.

Nantinya DCS tersebut juga akan diumumkan baik melalui media atau desa agar masyarakat dapat mencermati dan memberi masukan. (Bayu)

Related Post