Puluhan CCTV Akan Dipasang Diwilayah Perbatasan

249 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Rencananya, sebanyak 80 Closed Circuit Television (CCTV) akan dipasang diseluruh perbatasan kabupaten Gunungkidul oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul. Selain itu, di jalur lalu lintas sepanjang Patuk serta jalan Baron juga akan dipasang.

Kepala Bidang Pelayanan Teknologi Informatika, Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengatakan pemasangan CCTV bertujuan untuk memantau tiga sekmen yakni keadaan lalu lintas, keamanan lingkungan, dan untuk memantau daerah perbatasan.

“Saat ini sudah terpasang sebanyak 240 CCTV,” kata Yuniantoro, Jumat (25/1/2019).

Nantinya, untuk sekmen keamanan lingkungan,Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemadam kebakaran, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan diberikan akses sehingga mempermudah dalam pemantauan.

Sementara untuk lalulintas akses akan diberikan kepada Polres Gunungkidul dan juga Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul.

“Kalau untuk perbatasan bisa juga diberikan akses kepada Polres maupun BPBD” jelasnya.

Berbicara soal kendala, Yuniantoro mengatakan bahwa dalam pemasangan CCTV semua sudah menggunakan fiber optik, sehingga tidak ada kendala dalam internet.

“Kita dapat melakukan efisiensi anggaran karena hanya membeli barang tidak menggunakan jasa pemasangan. Semua belanja menggunakan E katalog yang telah direkomendasikan oleh pusat,” terangnya.

Dengan pemasangan CCTV,kedepannya dapat dikembangkan untuk teleconference misalnya saja kepala dinas pendidikan dapat memantau langsung Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online ditiap-tiap sekolah.

“Dengan menggunakan CCTV, tentu dapat menghemat waktu dan tenaga dalam monitoring,” ujarnya.

Disinggung soal anggaran, Dinas memperkirakan untuk pemasangan CCTV di sejumlah lokasi di Gunungkidul akan menelan dana kurang lebih 600 jutaan.

Sementara itu, Wakil ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul Dwi Winasto, mendukung langkah Pemkab dalam mengembangkan smart city.

“Karena di daerah lain sudah diterapkan pemanfaatan teknologi seperti ini. Smart city memang harus digunakan,” tutupnya. (Santi)

Related Post