Puluhan GTT-PTT Gunungkidul Desak DPRD Tuntut Kejelasan Nasib

591 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Puluhan Perwakilan GTT / PTT Kabupaten Gunungkidul menggelar audiensi dengan DPRD Gunungkidul, Sabtu (31/3/2018).

Turut hadir dalam audiensi Sabtu 31/3/2018 Dewan pendidikan, PGRI, MKKS, K3S.

Aris Wijayanto selaku ketua Forum Honorer Sekolah Negeri (FHSN) mengatakan, munculnya FHSN karena adanya keresahan yang ada di sekolah negeri tentang juknis BOS yang mengatur bahwa BOS bisa membiayai honorer apabila ber-SK Kepala Daerah.

Dari situlah pihaknya berinat untuk membentuk FHSN guna memperjuangkan nasib para honorer di sekolah negeri.

“Jumlah honorer yang terdiri dari GTT dan PTT disekolah negeri di tingkat TK hingga SMP ada 1985 ini terancam putus karena tidak mendapatkan honor dari BOS. Untuk itu kami berniat memperjuangkan nasib honorer meminta SK dari Pemerintah Kabupaten,” ujar Aris kepada wartawan.

Sementara itu, Sekertaris FHSN Sampah Muhari menuturkan, GTT/ PTT turut andil dalam mencerdaskan bangsa. Hal ini harus menjadi perhatian pemerintah apalagi di sekolah negeri tidak bisa mengikuti PPG atau sertifikasi karena SK yang dimiliki adalah SK Kepala Sekolah.

“SK kepala daerah harga mati. Dan kami berharap, ini benar-benar terwujud,” kata Sampah Muhari.

Terpisah, Sekertaris Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) cabang Gunungkidul Joko Suryanto mengaku, sangat prihatin dengan kondisi GTT dan PTT yang ada di sekolah negeri. Honor yang hanya berkisar antara Rp 200 ribu – Rp 400 ribu dinilai tidak cukup untuk bertahan hidup bersama keluarganya.

“Honor kurang dari Rp 400 ribu per bulan apakah cukup untuk hidup bersama dengan keluarganya? Untuk beli bensin selama satu bulan saja tidak cukup,” imbuh Joko Suryanto.

Untuk itu, pihaknya mendukung sepenuhnya GTT/ PTT Gunungkidul yang akan menuntut SK Bupati.
PGRI pun juga mendukung langkah FHSN untuk memperjuangkan nasib demi keadilan.

“SK Bupati ini juga mengacu pada daerah lain yang sudah mendapat pengakuan dari pemerintah. Untuk itu kami selaku pengurus PGRI siap mendukung langkah para GTT dan PTT demi memperjuangkan nasib mereka,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post