Puluhan Ingkung Warnai Peringatan Nuzulul Quran

34 views

Gunungkidulpost.com – Semanu – Peringatan Nuzulul Quran dan Khotmil Quran oleh Jamaah Masjid Arohmah yang ada di Desa Munggi, Kecamatan Semanu dilaksanakan rutin setiap tahun di hari-hari akhir bulan Ramadhan.

Untuk di bulan Ramadhan 1439 H di tahun 2018 ini, peringatan dilaksanakan pada Senin, (11/6/2018).

Hal ini sudah menjadi tradisi, kegiatan dilaksanakan dengan sodaqoh ingkung dan nasi uduk atau yang sering disebut sekul suci ulam sari. Sodaqoh dilakukan para jamaah supaya mendapat syafaat dari membaca Quran.

“Alhamdulilah setiap tahun meningkat dan tahun ini berjumlah 102 ingkung,” kata Camat Semanu, Huntoro Purbo Margono saat membacakan sambutan dari Bupati Gunungkidul.

Menurut Bupati, kegiatan ini merupakan simbol kepasrahan diri menuju kesucian umat dalam meraih ridho Ilahi.

“Semoga kegiatan ini bisa memberi pembelajaran kepada kita semua betapa indahnya kebersamaan dan kerukunan di bumi Handayani untuk Gunungkidul yang berdaya saing, maju, mandiri dan sejahtera serta keutuhan NKRI adalah harga mati,” tulis Bupati.

Bupati mengingatkan, khir-akhir ini tantangan kehidupan umat beragama di beberapa tempat di Indonesia semakin berat. Agama sebagai sumber kedamaian justru dijadikan alasan untuk saling berkonfrontasi.

“Dengan melihat situasi sekarang, kita seharusnya benar-benar memahami dasar serta memegang konsekuensi dari tindakan kita. Jangan sampai kita berbuat sesuatu hanya atas dasar solidaritas atau rasa ewuh pakewuh semata,” pesannya.

Dalam hal ini, agama dan logika sama-sama harus tetap kita kedepankan sehingga segala tindakan kita akan terarah dan diridhai oleh Allah Subhanahu Wataala. (Santi)

Related Post