Puluhan Kelompok Seni Meriahkan Penutupan FKY 2017

image

Foto: Istimewa

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Puluhan kesenian lokal yang tersebar di 18 Kecamatan ditampilkan dalam pagelaran kirap seni pada Sabtu,(13/08/2017) di Alun- Alun Wonosari, Gunungkidul.
Kirap di gelar menjelang penutupan event Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 2017 yang akan resmi ditutup Sabtu malam nanti.

Ketua panitia FKY CB Supriyanto mengatakan bahwa, ada 24 group kesenian lokal yang diarak keliling kota mulai dari depan alun-alun menuju timur melewati depan pasar Argosari.  Setelah sampai di pertigaan jalan sumarwi ke arah utara hingga sampai di bundaram taman bunga dan finish di depan rumah dinas Bupati untuk tampil satu per satu.

” Acara kirab budaya kesenian lokal kali ini, kita melibatkan seniman sampai 1000 lebih, yang dikirim dari setiap kecamatan sekitar 50 orang untuk mengikuti kirab” jelasnya kepada Gunungkidulpost.com

Salah satu kesenian lokal yang ditampilkam yakni Jathilan, Reog, Tari tayub dan potensi kesenian dari masing-masing kecamatan.

“Kirap ini mampu menyedot ribuan warga masyarakat untuk turut menyaksikan acara yang sangat meriah ini,” ujarnya.

Lebih lanjut CB Supriyanto menjelaskan bahwa pagelaran FKY 2017 ini menghabiskan anggaran yang hampir menyentuh Rp 1 miliyar. Adapun yang mengikuti kirab dan pawai pada acara FKY tahun ini hanya desa yang masuk dalam desa budaya dan desa rintisan budaya saja.

“Pada gelaran FKY ini, yang kita tampilkan memang harus melewati tahapan seleksi terlebih dahulu sehingga potensi dan seniman yang ada setiap tahunnya berganti,” pungkasnya. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post